Mau Dibunuh, Pemuda Terjun Bebas ke Laut dari Pelabuhan Semayang

Ditemukan di kolong pelabuhan, diduga akibat gangguan psikis

Balikpapan, IDN Times – Seorang pemuda bernama Saldi (23) melakukan aksi tak biasa. Warga Sulawesi Selatan itu terjun bebas ke laut dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan, pada Minggu (8/12) sore. Saat ditemukan, dia malah menolak untuk dievakuasi.

Setelah melakukan aksi terjun bebas ini, Saldi menghilang. Tim SAR Gabungan pun segera menggelar pencarian Saldi. Mulai dari Basarnas, TNI, Polri hingga relawan semua dikerahkan untuk mencari keberadaan pria kelahiran Batu Menteng, 31 Desember 1996 itu.

1. Korban ditemukan selamat

Mau Dibunuh, Pemuda Terjun Bebas ke Laut dari Pelabuhan SemayangUpaya Tim SAR gabungan mencari Saldi sebelum ditemukan. Sumber: Basarnas Balikpapan

Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Octavianto mengatakan, pencarian Saldi baru membuahkan hasil pada Senin (9/12) pagi. Dia ditemukan di bawah kolong Pelabuhan Semayang dalam keadaan selamat.

“Diinformasikan pada pukul 08.45 Wita, 9 Desember 2019, korban atas nama Saldi berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan dalam kondisi selamat,” katanya kepada awak media di lokasi penemuan.

Baca Juga: Proyek Kilang RDMP Serap 45 Persen Pekerja Lokal Asal Balikpapan

2. Korban sudah dibawa ke Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang

Mau Dibunuh, Pemuda Terjun Bebas ke Laut dari Pelabuhan SemayangPetugas gabungan berhasil mengevakuasi Saldi. Sumber: Istimewa

Saat ditemukan, Octa – panggilan Octavianto – menjelaskan, Saldi seperti mengalami ketakutan yang luar biasa. Dia pun sempat tak mau untuk dievakuasi. Sebab, dia enggan bertemu dengan petugas.

“Korban mengalami pobhia atau traumatis, karena ketika ditemukan dia tidak mau diajak ke ambulans untuk dimintai keterangan dan memeriksa kesehatan,” jelasnya.

Namun, melalui pendekatan yang humanis, petugas akhirnya bisa mengevakuasi Saldi ke tempat yang lebih aman.

“Saat ini korban telah dibawa ke KP3 (Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang) untuk penanganan dan proses lebih lanjut. Dengan demikan operasi SAR ini dinyatakan ditutup,” tandasnya.

3. Polisi bakal bawa Saldi ke rumah sakit untuk periksa kondisi psikisnya

Mau Dibunuh, Pemuda Terjun Bebas ke Laut dari Pelabuhan SemayangPelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/M.Idris)

Sementara itu, Kasat Polair Polresta Balikpapan, Iptu Alfon Pasaribu mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Saldi. Berdasarkan pengakuannya kepada kepolisian, ia nekat meloncat ke laut lantaran akan dibunuh oleh seseorang.

“Korban mengaku akan dibunuh, dia ada ketakutan luar biasa mau dibunuh,” katanya kepada awak media.

Hal inilah yang diduga kuat menjadi motif Saldi menceburkan diri ke laut dan bersembunyi di bawah kolong Pelabuhan Semayang. Sebab, Alfon menduga, Saldi menderita gangguan psikis.

“Karena memang ada sedikit tekanan pikiran dan batin dari korban. Jadi, mungkin korban akan kami bawa ke psikolog RS Bhayangkara untuk pengobatannya,” pungkas perwira balok dua di pundak itu.

Baca Juga: Akibat Dendam Lama, Dua Warga Penajam Duel Satu Lawan Satu

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya