Comscore Tracker

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Tempat Pemakaman Umum 

Diperkirakan baru berusia dua hari

Balikpapan, IDN Times – Sesosok bayi ditemukan di TPU Muslim Pupuk, Jalan Pupuk Raya, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Sabtu (30/8) pagi. Saat ditemukan, kondisi bayi yang belum diketahui identitasnya itu sangat memprihatinkan.

Ketua RT 08, Kelurahan Gunung Bahagia, Rahmadin mengatakan,"Busuknya belum terlalu parah. Belum seperti kondisi mayat yang sudah dibiarkan selama satu minggu," katanya kepada IDN Times.

1. Kronologis penemuan bayi

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Tempat Pemakaman Umum IDN Times/Surya Aditya

Rahmadin menceritakan, yang pertama kali menemukan mayat bayi itu adalah salah seorang warga yang hendak ziarah ke TPU Muslim Pupuk. Saat masuk ke dalam TPU, peziarah itu mengedus bau busuk.

Saat dicari asal bau, peziarah menemukan bayi dalam kondisi tewas. Oleh peziarah, temuannya itu langsung dilaporkan kepada penjaga TPU Muslim Pupuk.

"Oleh penjaga kuburan kemudian dilaporkan ke saya pukul 09.30 Wita. Saya langsung datangi TKP yang dimaksud," kata Ketua RT 08.

Baca Juga: Sudah Jadi Tengkorak, Mayat Pelajar SMA Ditemukan di Sumur Tua Langkat

2. Bukan yang pertama bayi ditemukan tewas di TPU Muslim Pupuk

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Tempat Pemakaman Umum IDN Times/Surya Aditya

Rahmadin menjelaskan, penemuan mayat bayi di TPU Muslim Pupuk bukan yang pertama kali ini. Pada 3 Februari 2019, sesosok bayi laki-laki juga ditemukan tewas mengenaskan tanpa sehelai benang.
"Ya, dulu juga pernah ada penemuan mayat bayi di sini. Tapi enggak tahu lagi kami kelanjutannya, kami serahkan ke polisi," jelasnya. Informasi yang dihimpun IDN Times,  pelaku pembuangan bayi laki-laki itu belum terungkap hingga sekarang.

3. Hasil identifikasi kepolisian, tangan bayi patah

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Tempat Pemakaman Umum Istimewa

Sementara itu, Wakapolsek Balikpapan Selatan, Iptu Iswanto membeberkan hasil identifikasi sementara yang dilakukan pihaknya mengenai bayi yang ditemukan pada hari ini. Kata dia, bayi itu berjenis kelamin perempuan. Di tubuh bayi, tak ada ditemukan tanda-tanda kekerasan.

"Kondisi bayi saat ditemukan tangan sebelah kanan sudah patah. Tapi kami belum tahu apa penyebabnya. Kemungkinan bukan karena kekerasan," katanya.

Diperkirakannya, bayi itu ditinggalkan di tempat kuburan tersebut pada dua hari yang lalu. "Usianya diperkirakan baru dua hari," sebutnya.

4. Polisi memburu orangtua bayi

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Tempat Pemakaman Umum IDN Times/Surya Aditya

Hingga saat ini, lanjut Iswanto, pihaknya belum mengetahui siapa orangtua dan pelaku yang membuang bayi itu ke kuburan. Sebab, hal tersebut masih dalam penyelidikan pihaknya.

"Saat ini kami masih mengumpulkan alat-alat bukti dan saksi-saksi untuk mencari tahu siapa yang telah melahirkan bayi ini dan pelaku pembuangannya," pungkas perwira balok dua di pundak itu.

Baca Juga: Warga Lamongan Temukan Mayat Tanpa Identitas di Dalam Sekolah

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya