Pengamanan Nataru, Polri Kerahkan 190 Ribu Personel Gabungan

Polda Kaltim segera gelar Operasi Lilin Mahakam 2019

Balikpapan, IDN Times – Operasi Lilin Mahakam 2019 akan segera digelar Polda Kaltim dalam waktu dekat ini. Operasi ini guna memberikan rasa aman kepada masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pada Kamis (19/12), sekira pukul 07.00 Wita, jajaran Polda Kaltim menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2019 di Lapangan Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN), Balikpapan. Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono, memimpin langsung jalannya apel ini.

1. Ancaman terorisme hingga kenaikan harga sembako jadi atensi kepolisian

Pengamanan Nataru, Polri Kerahkan 190 Ribu Personel GabunganIrjen Pol Muktiono (kiri) menyematkan pita kepada personel sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Mahakam 2019. Sumber: Polda Kaltim

Dalam pidatonya, Muktiono membacakan amanat yang disampaikan Kapolri untuk pengamanan perayaan Nataru. Kata dia, apel Operasi Lilin Mahakam 2019 ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel kemanan dan peralatan kelengkapan operasi pengamanan perayaan Nataru.

Dia juga menyampaikan beberapa kerawanan yang menjadi atensi khusus pihak keamanan jelang dan saat perayaan Nataru.

“Adapun kerawanan yang menjadi perhatian kami, seperti, ancaman terorisme, kejahatan konvensional, kenaikan harga sembako, konflik sosial, peredaran atau penyalahgunaan narkoba dan bencana alam,” paparnya.

Baca Juga: UN Jadi Beban, Siswi di Balikpapan: Nyaris Tak Ada Waktu Luang

2. Operasi pengamanan Nataru digelar selama 10 hari

Pengamanan Nataru, Polri Kerahkan 190 Ribu Personel GabunganJajaran Polda Kaltim siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Sumber: Polda Kaltim

Operasi Lilin Mahakam 2019, sambung Muktiono, bakal digelar selama 10 hari berturut-turut, terhitung sejak 23 Desember hingga 1 Januari 2020.

Sementara pada Operasi Lilin yang digelar di seluruh Indonesia,  akan ada 191.807 personel gabungan dari berbagai instansi dilibatkan.

“Total ada 61.308 objek yang menjadi fokus pengamanan kami se-Indonesia. Baik di gereja, terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, tempat wisata hingga tempat-tempat yang akan menjadi perayaan Tahun Baru,” katanya.

3. Podal Kaltim imbau warga ikut jaga keamanan

Pengamanan Nataru, Polri Kerahkan 190 Ribu Personel GabunganKepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Surya (IDN Times/Maulana)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan, dalam penyelengaraan Operasi Lilin Mahakam 2019, pihaknya akan mengedepankan sikap preventif dan represif dalam melakukan tindakan.

Dia pun meminta agar masyarakat bersama-sama ikut menjaga keamanan, sehingga perayaan Nataru bisa berjalan lancar dan baik.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan keselamatan ketertiban masing-masing selama perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang justru melanggar peraturan,” ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Amankan Natal dan Tahun Baru Polres PPU Gelar Operasi Lilin Mahakam

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya