Perjuangan Emak-Emak Terobos Kebakaran demi Selamatkan Kendaraan

Nyaris tak ada barang-barang yang tersisa

Balikpapan, IDN Times – Sebuah rumah kontarakan di Perumahan Nasional (Perumnas), Jalan AW Syahrani, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, di lalap si jago merah, Rabu (23/10) subuh. Nyaris semua barang-barang hangus terbakar dalam insiden ini.

Salah seorang warga RT 09, Batu Ampar, Kasmadi (56) mengatakan, kebakaran ini terjadi sekira pukul 04.05 Wita. Saat itu ia sedang tertidur, kemudian mendapat kabar terjadi kebakaran di daerahnya.

“Begitu dapat informasi saya bangun, langsung menuju lokasi untuk membantu korban,” katanya di lokasi kebakaran.

1. Api pertama kali muncul di plafon dapur

Perjuangan Emak-Emak Terobos Kebakaran demi Selamatkan KendaraanSi jago merah mengamuk di kawasan Perumahan Nasional (Perumnas), Jalan AW Syahrani, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, Rabu (23/10) subuh. Sumber: BPBD Balikpapan

Rumah yang beralamat di Blok 2, RT 09, Nomor 56, Batu Ampar, ini dihuni perempuan bernama Erni Soriton (51) bersama anak-anaknya. Dia menyewa rumah itu dari seseorang bernama Epelin (50), warga Kelurahan Gunung Sari, Balikpapan Kota.

Kepada awak media, Erni menceritakan detik-detik rumah kontrakannya terbakar. Sebelum terjadinya kebakaran, dia bersama anak bungsunya, Gabriela (13), tengah tertidur di kamarnya.

Tiba-tiba, putri sulungnya, Rachel (19), teriak-teriak karena melihat percikan api di plafon dapur rumahnya. “Anak perempuan saya yang tua teriak ‘Mami, kok ada letupan’,” katanya.

Mendengar teriakan itu membut Erni terbangun. Sementara Gabriela masih dibiarkan tertidur. Bersamaan itu listrik di rumahnya padam. Dari situ ia mulai sadar kebakaran tengah melanda kediamannya.

“Saya loncat dari tempat tidur, lihat keluar dari jendela lampu rumah lain nyala, tempat saya saja yang mati. Saya bilang, wah ini terbakar sudah,” tuturnya.

Baca Juga: Penambang Belerang di Gunung Ijen: Kebakaran Tahun Ini Paling Parah

2. Kisah ibu tiga anak selamatkan kendaraan

Perjuangan Emak-Emak Terobos Kebakaran demi Selamatkan KendaraanPexels.com/Pixabay

Mengetahui rumahnya terbakar, Erni bergegas keluar dan mencari tempat aman. Gabriela yang masih terlelap diangkut Rachel. “Hanya tas berisi surat-surat saja yang sempat saya bawa,” bebernya.

Dari luar Erni melihat mobil dan sepeda motornya masih terpakir di garasi rumah. Ibu tiga anak itu berinisatif untuk menyelamatkan kendarannya itu.

Namun untuk menyelamatkan kendarannya, ibu tiga anak ini harus bertaruh nyawa. Sebab, kunci kontak mobil tertinggal di kamarnya.

Erni khawatir, jika mobilnya dibiarkan terbakar, bisa-bisa kendaraan roda empat itu meledak, dan membuat kebakaran semakin meluas. Oleh karena itu dia memberanikan diri untuk mengambil kunci kontak mobil.

Asap tebal yang telah mengepung rumahnya diterobos oleh perempuan berusia 51 tahun itu. Kunci yang dicari berhasil didapat, Erni pun keluar dengan selamat.

“Dari luar, anak-anak saya sudah teriak-teriak, ‘Mami, keluar Mami’. Saya keluar dari kamar, di ruang tamu sudah penuh api, saya cuma teringat anak saya,” kenangnya, lirih.

3. Menunggu suami pulang

Perjuangan Emak-Emak Terobos Kebakaran demi Selamatkan KendaraanDok.IDN Times/Istimewa

Dibantu warga, mobil Erni berhasil diamankan. Kaca mobil dipecahkan untuk kemudian didorong warga. Sepeda motor Erni juga selamat setelah digotong ramai-ramai oleh warga keluar dari zona api.

“Barang-barang yang lain habis semua di dalam rumah, enggak ada yang selamat,” urainya.

Untuk sementara, Erni beserta anak-anaknya tinggal di rumah kerabatnya. Di sana dia juga menunggu suaminya datang. Pada saat kejadian sang suami sedang tugas kerja di Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Supartono Sudin, melalui Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Utara, Iptu Subari menduga, kebakaran di kediaman Erni terjadi karena arus pendek.

“Dari keterangan saksi, diduga akibat korsleting listrik. Tapi ini masih kami selidiki untuk mengetahui penyebab pastinya,” singkat perwira balok dua di pundak itu.

Baca Juga: Rabu Subuh, Kebakaran Melanda Dua Daerah Sekaligus di Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya