Polairud Polda Kaltim Pantau Karhutla di Pesisir Pantai

Siapkan delapan kapal khusus antispasi karhutla

Balikpapan, IDN Times – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi perhatian banyak pihak. Bukan hanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI, namun karhutla juga menjadi atensi khusus bagi jajaran Polisi air dan Udara (Polairud) Polda Kaltim.

Direktur Polairud Polda Kaltim, Kombes Pol Omad mengatakan, karhutla bukan saja bisa terjadi di daerah pedalaman atau ketinggian, tapi bisa terjadi di wilayah pesisir pantai. Oleh Karena itu, pihaknya turut melakukan pencegahan dan pengawasan karhutla.

“Walaupun kami tugas di air, tapi tidak menutup kemungkinan kan ada lahan-lahan yang berdampingan. Jadi antisipasinya kami tetap ikut monitoring karhutla,” katanya kepada awak media, belum lama ini.

1. Instruksikan jajaran Polair untuk antisipasi karhutla

Polairud Polda Kaltim Pantau Karhutla di Pesisir PantaiIDN Times/Surya Aditya

Omad menjelaskan, dirinya telah memberi instruksi kepada jajarannya untuk mewaspadai sejumlah hutan di pesisir pantai yang berpotensi terbakar, seperti hutan mangrove.

Bahkan, hal yang sama juga ia sampaikan kepada seluruh Satuan Polair Polres yang ada di Kaltim. Hal ini dilakukan agar semua jajaran Polair bisa menjaga hutan agar tidak terbakar.

“Ya, saya juga sudah buatkan surat kepada kapolres-kapolres yang mempunyai wilayah perairan untuk antisipasi karhutla,” jelas perwira melati tiga di pundak itu.

Baca Juga: Asap Tebal Lumpuhkan Penerbangan di Kaltim-Kaltara

2. Siapkan kapal khusus antisipasi karhutla

Polairud Polda Kaltim Pantau Karhutla di Pesisir PantaiIDN Times/Surya Aditya

Selain itu, Omad menambahkan, pihaknya juga menyiapkan delapan kapal khusus untuk memantau karhutla di pesisir pantai Kaltim.

Kapal-kapal ini disebar di beberapa daerah di Benua Etam, seperti Balikpapan, Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Berau.

“Masing-masing daerah itu kami siapkan dua kapal. Tapi masing-masing Sat Polair sudah ada kapal-kapal pelaksana yang biasa digunakan, itu kami kerahkan juga,” tambahnya.

3. Harap warga tidak bakar hutan dan lahan

Polairud Polda Kaltim Pantau Karhutla di Pesisir Pantaiantaranews.com

Dengan antisipasi ini Omad berharap, karhutla di Kaltim, khususnya di wilayah persisir pantai bisa dicegah. Sehingga dapat mengurangi bahaya karhutla, seperti kabut asap.

Dia juga meminta agar warga tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. “Mudah-mudahan dengan adanya kami ketika ada tanda-tanda api kami bisa segera berbuat,” pungkasnya.

Baca Juga: Diduga Biang Kerok Karhutla di Kaltim, 30 Orang Ditangkap Polisi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya