Comscore Tracker

Prioritaskan Pembangunan SDM, Pemerintah Pastikan Tambah Dana Desa

Kepala DPMPD imbau dana desa juga untuk pembangunan SDM

Balikpapan, IDN Times - Kabar baik untuk desa-desa, khususnya desa yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim). Pemerintah bakal menambah anggaran dana desa pada tahun anggaran 2020 nanti.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Jauhar Efendi.

Namun, dia belum tahu persis berapa anggaran dana desa yang akan diterima desa-desa yang ada di Kaltim pada 2020.

"Angkanya belum di-publish ya. Karena belum disampaikan secara resmi pemberitahuannya ke kami. Yang jelas ada peningkatan," katanya kepada awak media di Hotel Blue Sky, Balikpapan, Senin (30/9).

1. Sumber dan penyaluran dana desa

Prioritaskan Pembangunan SDM, Pemerintah Pastikan Tambah Dana DesaIDN Times/Surya Aditya

Dijelaskan Jauhar, dana desa telah dibagikan sejak 2015. Sumber dana desa sendiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Selama ini dana desa berjumlah Rp1 miliar untuk tiap desa. Uang tersebut disalurkan pemerintah pusat dari rekening kas negara masuk ke rekening kas pemerintah daerah, kemudian dikirim ke rekening kas desa.

“Kemudian dilanjutkan dengan menjalankan program-program yang menjadi tujuan dana desa,” jelasnya.

Baca Juga: Kelola Dana Desa, Kepala Desa dan Direktur BUMDes se-PPU Ikuti Bimtek 

2. Kepala DPMPD imbau gunakan dana desa untuk pembangunan SDM

Prioritaskan Pembangunan SDM, Pemerintah Pastikan Tambah Dana DesaANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Jauhar menerangkan, dana desa digunakan untuk membiayai kegiatan di bidang pembangunan desa dan bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) di desa. Namun kebanyakan desa di Kaltim masih menggunakan dana desa untuk bidang pembangunan.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat Kaltim juga memprioritaskan penggunan dana desa untuk pembangunan SDM.

"Pemberdayaan masyarakat tidak kalah pentingnya, karena penguatan ekonomi itu di pemberdayaan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim itu.

3. Dana desa yang telah direalisasikan

Prioritaskan Pembangunan SDM, Pemerintah Pastikan Tambah Dana Desacnbc.com

Lebih rinci, Jauhar menyebut, sepanjang 2015 sampai 2018 ada 13.216 kegiatan bidang pembangunan yang sukses direaliasikan dari 841 desa yang ada di Bumi Etam.

Diantaranya, pembangunan jalan desa sepanjang 1.685.392 meter, pembangunan pasar desa sebanyak 130 unit, pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebanyak 146 unit, pembangunan tambatan perahu 168 unit dan pembangunan embung 98 unit.

Selain itu, dana desa di Kaltim juga digunakan untuk pembangunan irigasi sebanyak 254 unit, pembangunan sarana olahraga 240 unit, pembangunan penahan perahu 549 unit, pembangunan sarana air bersih 2.442 unit, pembangunan MCK 327 unit, dan pembangunan Polindes 72 unit.

Dana desa juga termasuk pembangunan drainase sepanjang 202.438 meter, pembangunan PAUD sebanyak 342 unit, pembangunan Posyandu 289 unit serta pembangunan sumur air 457 unit.

“Dan kontribusi dalam program itu tentu saja menunjang aktivitas ekonomi dan kualitas hidup masyarakat desa di Kaltim,” pungkas Jauhar.

Namun semua pembangunan ini masih bisa bertambah. Karena DPMPD Kaltim belum merekap pembangunan desa yang menggunakan dana desa pada 2019.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Jokowi Sebut Rp70 Triliun Dianggarkan untuk Dana Desa

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya