Sepekan, Jajaran Polresta Balikpapan Jebloskan 31 Orang ke Penjara

Pembunuhan di gapura SD menjadi kasus paling menonjol

Balikpapan, IDN Times – Hanya dalam sepekan, jajaran Polresta Balikpapan berhasil mengungkap 25 kasus kriminalitas. Dari kasus-kasus ini, sebanyak 31 orang dijadikan tersangka dan dijebloskan ke penjara.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi menjelaskan, puluhan kasus tersebut diungkap oleh pihaknya dan Polsek jajaran. Sat Reskrim Polresta Balikpapan, sebut dia, mengungkap dua kasus, yakni kasus penggelapan dalam jabatan dan penganiayaan.

Sedangkan Sat Reskoba Polresta Balikpapan mengungkap enam kasus narkoba. “Dari dua kasus Sat Reskrim kami berhasil mengamankan dua tersangka dan enam kasus Sat Reskoba kami amankan enam orang,” jelasnya, Senin (5/3) lalu.

1. Polsek Balikpapan Utara ungkap lima kasus kriminalitas

Sepekan, Jajaran Polresta Balikpapan Jebloskan 31 Orang ke PenjaraJajaran Polresta Balikpapan memperlihatkan barang bukti dari 25 kasus kejahatan yang diungkap. (IDN Times/Surya Aditya)

Lebih lanjut, Turmudi memaparkan, Polsek Balikpapan Utara mengungkap lima kasus kriminalitas, yakni kepemilikan senjata tajam, penganiayaan, pencurian dengan pemberatan (curat), pembunuhan dan penggelapan. Dari kasus ini, lima orang tersangka berhasil dibekuk.

Kemudian Polsek Balikpapan Timur mengungkap tiga kasus, yakni kasus narkoba dan dua kasus pencurian berbeda dengan lima orang ditangkap. Polsek Balikpapan Barat turut mengungkap tiga kasus, yakni curat, narkoba dan pencurian. Dari tigas kasus ini polisi mengamankan tiga orang tersangka.

“Polsek Kawasan Bandara Sepinggan Balikpapan juga mengungkap satu kasus narkoba dengan mengamankan dua orang tersangka,” papar pria berkacamata itu.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan: Hasil Pemeriksaan Dua Suspect Corona Negatif

2. Narkoba menjadi kasus terbanyak yang diungkap

Sepekan, Jajaran Polresta Balikpapan Jebloskan 31 Orang ke PenjaraIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Selain itu, sambung Turmudi, Polsek Balikpapan Selatan mengungkap lima kasus kejahatan. Diantaranya kasus narkoba, premanisme, penggelapan, dua kasus pencurian berbeda. Dari lima kasus ini, Polsek Balikpapan Selatan meringkus tujuh tersangka.

“Total ada 25 kasus yang kami ungkap dan 31 satu tersangka kami amankan dalam waktu sepekan ini.

Kasus narkoba, kata dia, menjadi kasus paling banyak. Sedangkan kasus pembunuhan di gapura SD, Kelurahan Mauara Rapak, pada Sabtu (29/2) lalu, yang diungkap Polsek Balikpapan Utara menjadi kasus paling menonjol.

"Terbanyak kasus narkoba dengan 10 kasus dan kasus paling menonjol pembunuhan di Muara Rapak,” ungkap perwira melati tiga di pundak itu.

3. Jelang Pilkada, polisi tingkatkan giat berantas kejahatan

Sepekan, Jajaran Polresta Balikpapan Jebloskan 31 Orang ke PenjaraKapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi (IDN Times/Mela Hapsari)

Namun, ditegaskan Turmudi, banyaknya kasus yang diungkap jajaran kepolisian ini bukan karena aksi kriminalitas di Balikpapan meningkat, melainkan kepolisian sedang meningkatkan giat pemberantasan kejahatan.

“Kami meningkatkan pengamanan dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif jelang Pilkada Balikpapan,” tandasnya.

Baca Juga: Pembunuhan Sadis di Gapura SD Sudah Disiapkan Pelaku sejak Lama

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya