Siapkan 11 Prodi Baru, ITK Tambah Kapasitas Mahasiswa dan Dosen

Guna mengantisipasi pertumbuhan penduduk di ibu kota baru

Balikpapan, IDN Times – Kabar baik bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Kampus berbasis teknologi itu bakal menambah kapasitas mahasiswa. Bahkan ITK juga akan merekrut ratusan dosen.

Rektor ITK Profesor Budi Santosa Purwokartiko mengatakan, saat ini ITK memiliki sekitar 3.500 orang mahasiswa, dengan rata-rata per tahun 900 mahasiswa baru yang masuk.

ITK akan membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi yang ingin berkuliah di ITK, karena kapasitas mahasiswa akan ditambah. 

“Tahun 2024 kami menargetkan ada 5 ribu mahasiswa yang masuk ke ITK,” katanya kepada awak media, Kamis (5/9).

1. Alasan penambahan mahasiswa

Siapkan 11 Prodi Baru, ITK Tambah Kapasitas Mahasiswa dan DosenIDN Times/Surya Aditya

Budi pun menjelaskan rencana penambahan kapasitas mahasiswa di ITK ini, menurutnya 3.500 mahasiswa dirasa sangat kurang.

Karena jumlah tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan kampus yang terletak di Kilometer 14, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara itu.

“Ya, karena (mahasiswa) yang ada saat ini terlalu sedikit untuk mengelola secara ekonomis,” jelasnya.

Alasan lainnya, dia menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan penduduk di masa yang akan datang. Mengingat, Pemerintah RI akan menjadikan Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN). Dengan begitu, menambah daya tampung mahasiswa ITK dari sekarang dinilainya sangat relevan.

“Jika IKN di sini, otomatis juga jumlah mahasiswa bertambah. Jadi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di Balikpapan dan Kalimantan Timur, ya, harus ditambah,” tambahnya.

Baca Juga: Wacana Impor Rektor Asing, Pendidikan Tak Masuk UU Penanaman Modal

2. ITK rencanakan tambah prodi

Siapkan 11 Prodi Baru, ITK Tambah Kapasitas Mahasiswa dan DosenIDN Times/Surya Aditya

Bukan hanya menambah kapasitas mahasiswa, ITK juga merencanakan akan menambah 11 program studi (prodi) baru. Semua prodi baru itu akan segera diusulkan pihaknya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Prodi baru yang kami usulkan seperti Arsitektur, Statistik, Manajemen Bisnis, K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Sedangkan prodi Sains Data agak terakhir, karena itu untuk S2,” sebutnya.

3. Selaraskan penambahan mahasiswa dan prodi, ITK tambah dosen dan fasilitas

Siapkan 11 Prodi Baru, ITK Tambah Kapasitas Mahasiswa dan DosenIDN Times/Surya Aditya

Budi menyadari betul menambah mahasiswa dan prodi bukan perkara gampang. Butuh persiapan matang agar rencana ini bisa berjalan mulus.

Oleh karena itu, pihaknya juga akan menambah dosen dan fasilitas kampus untuk menyelaraskan penambahan mahasiswa dan rodi.

Apalagi, ungkap dia, dosen yang ada saat ini masih kurang untuk mengajar para mahasiswa ITK. Dengan demikian, penambahan dosen dinilainya sangat realistis. 

“Saat ini kami memiliki 150 dosen. Tetapi itu pun tidak mencukupi. Makanya kami akan merekrut 217 dosen lagi tahun ini (2019), jadi nanti bisa untuk membuka prodi baru sekaligus meningkatkan jumlah mahasiswa tadi,” bebernya.

Bukan hanya menambah dosen, pihaknya juga akan menambah gedung. Direncanakan ada tiga gedung baru yang akan dibangun di lingkungan kampus.

Masing-masing gedung akan berisikan 45 ruangan atau kelas. Gedung tersebut nantinya untuk mendukung fasilitas belajar-mengajar para mahasiswa ITK.

“Gedung-gedung baru ini juga untuk prodi baru nanti,” ujar Budi.

Dijelaskannya, untuk penambahan gedung-gedung baru ini diperkirakan menelan biaya Rp82 miliar. Semua dana pembangunan bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Tahun depan (2020) kami juga akan mendapatkan dana bantuan dari Kementerian Keuangan untuk membangun laboratorium senilai Rp 100 miliar,” pungkasnya.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Usulkan ITK Jadi Proyek Strategis Nasional

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya