Comscore Tracker

Tengah Malam Perempuan Dibegal, Pelaku Mengaku Kerasukan Setan

Sempat kabur, pelaku babak belur dihakimi massa

Balikpapan, IDN Times – Aksi begal terjadi di Jalan Arjuna, Gang Arjuna, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, atau di samping Masjid Nurul A'la, Minggu (13/10) malam. Sang pelaku begal tertangkap dan bonyok dihakimi massa.

Kepada awak media, Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Supartono Sudin mengatakan, pelaku begal itu bernama Suradi (24) alias SI. Dia merupakan warga Jalan Gunung Empat, Kelurahan Margo Mulyo, Balikpapan Barat.

“Sedangkan korban bernama Isnawati, 20 tahun, tinggal di Jalan Soekarno-Hatta, Kilometer 18, Balikpapan Utara,” katanya di Mapolsek Balikpapan Utara, Senin (14/10) siang.

1. Sempat terjadi tarik-tarikan

Tengah Malam Perempuan Dibegal, Pelaku Mengaku Kerasukan SetanIDN Times/Surya Aditya

Lebih jauh, Supartono menuturkan kronologis kejadian ini. Pada Minggu (13/10), sekira pukul 23.00 Wita, Isnawati seorang diri berjalan kaki di Gang Arjuna. Di sana ia hendak ke rumah keluarganya.

Di bahu kanannya, perempuan kelahiran Balikpapan, 28 Mei 1999, itu menteng sebuah tas selempang. Isinya ada peralatan kecantikan wanita, charger ponsel dan dompet berisi uang tunai Rp357 ribu.

Tak jauh dari Isnawati, ada Suradi sedang nongkrong di samping Masjid Nurul A'la. Dia memperhatikan gerak-gerik Isnawati dan lingkungan di sekitarnya.  Dirasa aman, niat jahat muncul di benak bujangan itu.

Sambil berlari, Suradi menghampiri Isnawati. Tas selempang Isnawati ditarik sekencang-kencangnya. Hal ini membuat pemudi 20 tahun itu kaget. Namun bukan tanpa perlawanan. Sekuat tenaga ia menarik tas untuk mempertahankan harta bendanya itu.

“Sehingga terjadilah tarik-menarik antara pelaku dengan korban,” cerita Kapolsek Balikpapan Utara.

Baca Juga: Tim Beruang Hitam Basmi Jambret dan Begal di Balikpapan

2. Sempat kabur, tersangka diamankan warga

Tengah Malam Perempuan Dibegal, Pelaku Mengaku Kerasukan SetanIDN Times/Surya Aditya

Aksi tarik-menarik ini membuat tali tas Isnawati putus. Suradi pun sukses membawa kabur tas berwarna coklat itu dan langsung kabur.

Namun Isnawati tidak tinggal diam. Dia teriak sekencang-kencangnya bahwa dia dibegal. Warga sekitar yang mendengar teriakan itu langsung mengejar Suradi.

Pria kurus itu berhasil ditangkap warga di depan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSn) 1 Balikpapan, Jalan Ahmad Yani, Muara Rapak. Jajaran Polsek Balikpapan Utara yang mengetahui kejadian langsung mengamankan Suradi.

“Selanjutnya tersangka dibawa ke kantor untuk menjalani pemeriksaa lebih lanjut,” tutur Supartono.

Kini, Suradi telah mendekam di sel tahanan Mapolsek Balikpapan Utara. Akibat perbuatannya, dia dijerat dengan Pasal 365 ayat (1) KUHP, tentang Pencurian dengan Kekerasan.

“Ancaman hukumannya sekitar 9 tahun,” tukas perwira melati satu di pundak itu.

3. Wajah Suradi bonyok dihajar massa

Tengah Malam Perempuan Dibegal, Pelaku Mengaku Kerasukan SetanIDN Times/Surya Aditya

Sementara itu, Suradi mengaku tak memiliki niat untuk membegal. Semua yang dilakukan terhadap Isnawati karena kekhilafannya.

“Pas waktu kejadian itu saya merasa seperti kerasukan setan aja, Pak,” kilahnya saat diwawancarai wartawan.

Dia pun mengaku, saat diamankan warga, banyak bogem mentah mendarat di tubuhnya. Kondisi ini membuat wajah Suradi babak belur.

“Tulang hidung saya seperti ada yang retak. Mata saya biru. Terus bibir saya pecah,” pungkasnya.

Baca Juga: Lagi Asyik Pacaran, Sepasang Kekasih Ini Malah Dibegal

Topic:

  • Surya Aditya
  • Mela Hapsari

Just For You