Tiga Kali Ganti Pimpinan, Markas Polresta Balikpapan Belum Rampung

Wali Kota sebut perubahan anggota DPRD penyebabnya

Balikpapan, IDN Times – Pembangunan Mako Polresta Balikpapan telah memasuki usia hampir empat tahun. Namun, hingga tiga kali pergantian pucuk pimpinan, pembangunan markas kepolisian kota ini tak kunjung rampung.

Diketahui, groundbreaking markas yang terletak di Jenderal Sudirman itu pada 29 Maret 2016. Saat itu, Polresta Balikpapan masih berstatus Polres. Pemimpinnya adalah AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Kemudian pembangunan Mako Polresta Balikpapan dilanjutkan AKBP Wiwin Firta. Namun, hingga masa jabatannya berakhir dan digantikan AKBP Turmudi, pembangunan Mako Polresta Balikpapan belum juga tuntas.

1. Kapolda pastikan pembangunan terus berjalan

Tiga Kali Ganti Pimpinan, Markas Polresta Balikpapan Belum RampungIrjen Pol Muktiono (IDN Times/Surya Aditya)

Kepala Polda Kaltim, Irjen Pol Muktiono memastikan, pembangunan Mako Polresta Balikpapan belum berhenti. Ditargetkan, Mako tersebut sudah bisa digunakan pada 2020 nanti.

“Ini masih berjalan. Direncanakan, Insya Allah, tahun depan (rampung),” singkat jenderal bintang dua itu saat ditanya awak media mengenai progress pembangunan Mako Polresta Balikpapan, Jumat (29/11) pagi.

Baca Juga: Kapolresta Balikpapan Dimutasi, Berikut Prestasi AKBP Wiwin Firta

2. DPRD Balikpapan siapkan Rp5 miliar untuk pembangunan Mako Polresta pada 2020

Tiga Kali Ganti Pimpinan, Markas Polresta Balikpapan Belum RampungKetua DPRD Balikpapan, Abdulloh (IDN Times/Maulana)

Pada masa kempimpinan AKBP Wiwin Firta, ia mengajukan rancangan anggaran Rp20 miliar pada APBD murni Balikpapan 2019. Uang tersebut difokuskan untuk menuntaskan pembangunan Mako Polresta Balikpapan.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh membenarkan, pihaknya telah menerima rancangan anggaran untuk pembangunan gedung Mako Polresta Balikpapan. Namun tidak semua nilai anggaran bisa dikabulkan, hanya tersedia Rp8 miliar saja.

“Ini sesuai kemampuan anggaran kami. Jadi pelan-pelan tapi pasti, Insya Allah,” katanya kepada awak media, Jumat (29/11) siang.

Namun, Abdulloh memastikan, tahun depan pihaknya akan mengucurkan lagi anggaran untuk pembangunan kantor Polresta Balikpapan. “Pada 2020 ada sekitar Rp5 miliar,” sebutnya.

Semua ini dilakukan, kata Abdulloh, untuk meningkatkan pelayanan Polresta Balikpapan. Ketika pelayanan kepolisian sudah semakin baik, maka diharapkan keamanan kota ini juga akan ikut lebih baik.

“Polres inikan berdomisili di Balikpapan, yang dilayanikan masyarakat Balikpapan. Jadi tanggung jawab kita masyarakat Balikpapan untuk sama-sama men-support agar gedungnya bagus, pelayanannya bagus, kan yang nyaman masyarakat Balikpapan juga,” tandasnya.

3. Pemkot Balikpapan dukung pembangunan Mako Polresta

Tiga Kali Ganti Pimpinan, Markas Polresta Balikpapan Belum RampungWali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, belum selesainya pembangunan Mako Polresta Balikpapan disebabkan oleh pergantian anggota DPRD Balikpapan, pasca Pemilihan Legislatif 2019.

Menurutnya, pergantian tersebut berdampak pada sulitnya mengeluarkan anggaran untuk pembangunan gedung Polresta Balikpapan yang baru. Pasalnya, anggota dewan yang baru disebut belum memahami pembangunan markas tersebut. Namun dia berjanji akan segera menuntaskan masalah ini.

“DPRD (Balikpapan)-nya  kan baru, jadi tidak tahu peristiwa bagaimana dulu komitmen kami dan sebagainya (soal pembangunan Mako Polresta Balikpapan). Nanti kami akan segera (selesaikan masalah) itu,” sebut wali kota dua periode ini.

Kendati demikian, Rizal memastikan, Pemkot Balikpapan sangat mendukung agar pembangunan Mako Polresta Balikpapan segera diselesaikan. Sebab, saat ini status markas kopolisian kota itu sudah ditingkatkan, sehingga perlu ada perbaikan untuk menyeimbangkan pelayanannya.

“Harusnya cepat dong. Karena kan statusnya sudah naik, dari Polres jadi Polresta, masak gedungnya belum selesai,” pungkasnya.

Baca Juga: Sertijab Kapolresta Balikpapan, Pengamanan Pilwali dan Tambah Polsek

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya