Tim SAR Kaltim-Kaltara Siapkan Pelayanan saat Liburan Tahun Baru 2020

Tim SAR mendirikan 18 Posko SAR di Kaltim-Kaltara

Balikpapan, IDN Times – Libur Natal dan Tahun Baru 2020 memang masih beberapa hari lagi. Namun, kesiapsiagaan untuk mengantisipasi jika terjadi musibah sudah disusun Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan sejak saat ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Gusti Anwar Mulyadi mengatakan, saat libur natal dan tahun baru banyak warga yang berlibur untuk mengunjungi tempat-tempat pariwisata atau berpergian ke luar kota.

“Biasanya, tempat pariwisata akan mengalami peningkatan 100 kali lipat dari hari biasanya,” katanya didampingi Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Octavianto, Selasa (17/12).

1. Butuh pertolongan? Hubungi 115

Tim SAR Kaltim-Kaltara Siapkan Pelayanan saat Liburan Tahun Baru 2020Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Gusti Anwar Mulyadi (Dok.IDN Times/Istimewa)

Jika terjadi kepadatan pengunjung di pusat-pusat keramaian, lanjut Mulyadi, kerawanan akan terjadinya musibah yang mengancam keselamatan jiwa juga akan meningkat. Oleh karena itu, sejak saat ini, pihaknya sudah melakukan kesiapsiagaan jika terjadi musibah saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Dia memapaparkan, saat ini Tim SAR telah mendirikan 18 posko pelayanan masyarakat di pusat-pusat keraiaman. Posko-posko itu tersebar di Kaltim dan Kaltara, sebagaimana wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan.

“Kalau ada yang butuh pertolongan segera laporkan kepada posko-posko terdekat, atau hubungi emergency call di 115, itu nanti akan direspon cepat oleh petugas kami,” sebut Mulaydi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Proyek Perluasan TPA Manggar Balikpapan

2. Desember hingga Januari merupakan musim hujan

Tim SAR Kaltim-Kaltara Siapkan Pelayanan saat Liburan Tahun Baru 2020Tim SAR Kaltim-Kaltara gelar rapat bahas pengamanan liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Sumber: Basarnas

Mulyadi turut menjelaskan, pada Desember hingga Januari 2020, diperdiksi hujan dengan intensitas ringan hingga deras akan lebih sering terjadi. Artinya, risiko terjadinya musibah akan meningkat karena biasanya, longsor, banjir hingga angin kencang akan banyak terjadi saat musim penghujan.

“Oleh karena itu kami mengimbau kepada warga untuk senantiasa sering melihat atau meng-update informasi-informasi tentang cuaca,” jelasnya.

3. Tim SAR siap beri pelayanan emergency 24 jam

Tim SAR Kaltim-Kaltara Siapkan Pelayanan saat Liburan Tahun Baru 2020Ilustrasi Tim SAR Kaltim-Kaltara. Sumber: Basarnas Kaltim-Kaltara

Mulyadi juga memberikan imbauan kepada warga yang akan berpergian saat libur natal dan tahun baru ini. Dia berharap agar warga selalu meningkatkan kewaspadaan, dan menjaga sanak keluarganya untuk meminimalkan risiko sekecil mungkin.

“Kami mengharapkan untuk selalu berhati-hati dalam pelaksaan liburan tersebut. Tingkatkan kewaspadaan diri sendiri dan buat keluarga. Dan tak kalah penting, kami siap memberikan dukungan dan bantuan teknis 24 jam jika untuk emergency,” pungkasnya.

Baca Juga: Antusias, Peserta Simulasi CAT CPNS di Balikpapan Membludak 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya