13 Hari Isolasi Mandiri, Wagub Kaltim Akhirnya Sembuh dari COVID-19

Wagub Hadi Mulyadi tetap dalam pengawasan

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi sembuh dari virus corona atau COVID-19 pada Senin (27/7/2020). Hadi menjalani masa karantina dan perawatan sejak 15 Juli 2020.

“Iya alhamdulillah Pak Wagub sudah sembuh. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No 413/2020 revisi kelima Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 pada 19 Juli 2020,” ujar Humas RSUD AWS, dr. Arysia Andhina saat dikonfirmasi pada Senin siang.

1. Sempat mengalami demam, isolasi Hadi Mulyadi ditambah

13 Hari Isolasi Mandiri, Wagub Kaltim Akhirnya Sembuh dari COVID-19Ilustrasi pengambilan sampel swab tenggorokan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam pedoman itu dijelaskan apabila pasien dengan gejala ringan dan sedang COVID-19, tidak akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR atau polymerase chain reaction. Sementara isolasi hanya dihitung 10 hari sejak hari pertama pasien terkonfirmasi corona. Bisa ditambah 3 hari bila alami gejala.

“Nah, Pak Wagub sempat mengeluh demam (ringan) sebelum kami swab (14 Juli 2020), jadi kami genapkan 13 hari saja,” imbuh dokter yang lebih karib disapa Sisi ini.

2. Wagub Hadi tetap dalam pengawasan

13 Hari Isolasi Mandiri, Wagub Kaltim Akhirnya Sembuh dari COVID-19Humas RSUD AWS, dr Arysia Andhina saat memberikan keterangan pers pada Ahad (2/2) siang (IDN Times/Yuda Almerio)

Dia kembali menegaskan setelah swab pertama ini pihaknya tak akan mengambil sampel untuk kali kedua. Sebab protokol baru memang demikian. Dan hanya menyarankan untuk isolasi mandiri saja.

“Pak Wagub tetap dalam pengawasan Diskes (Dinas Kesehatan) Kaltim,” imbuhnya.

Baca Juga: Wagub Kaltim Positif Corona, Diduga Tertular dari Tamu Tak Bermasker

3. Ingat utamakan selalu protokol kesehatan

13 Hari Isolasi Mandiri, Wagub Kaltim Akhirnya Sembuh dari COVID-19Ilustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Sisi menambahkan, COVID-19 belum sepenuhnya berakhir meskipun sudah masuk dalam fase adaptasi kebiasaan baru. Itu sebab protokol kesehatan selalu diutamakan. Jika warga disiplin maka penyebaran virus bisa dikendalikan.

“Jangan lupa cuci tangan, pakai masker dan hindari kerumunan,” pungkasnya.

Baca Juga: Positif COVID-19, Wagub Kaltim dan Istri Isolasi Diri di Rumah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya