Atasi Macet, Pemkot Samarinda akan Bangun Flyover di Sungai Dama 

Megaproyek jalan layang bakal masuk skema tahun jamak

Samarinda, IDN Times - Saban siang atau sore hari, Jalan Otto Iskandardinata (Otista), Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir kendaraan pasti mengular. Mengatasi persoalan tersebut Pemkot Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) berencana membangun rute tembus yang menghubungkan Jalan Sultan Alimuddin menuju Jalan Kakap.

“Tujuannya untuk mengatasi masalah macet yang kerap terjadi di kawasan Pasar Sungai Dama,” ujar Sugeng Chairuddin, Sekretaris Kota (Sekkot/Sekda) Samarinda saat dikonfirmasi, Selasa (8/6/2021).

1. Jalan Otista bersisian dengan Pasar Sungai Dama

Atasi Macet, Pemkot Samarinda akan Bangun Flyover di Sungai Dama Sekkot Samarinda Sugeng Chairuddin (IDN Times/Yuda Almerio)

Kendaraan yang mengular ini memang tak bisa dihindari, sebab Jalan Otista bersisian dengan Pasar Sungai Dama sehingga aktivitas warga terkadang berbenturan dengan kendaraan yang lalu lalang di kawasan tersebut.

Dan sudah lama ihwal ini menjadi keluhan warga. Sehingga resolusi membangun jalan tembus ini pun lahir. Nah, akses tembus yang dimaksud adalah membangun terowongan atau flyover melintasi pegunungan steling.

“Khususnya dari arah Jalan Sultan Alimuddin menuju kawasan Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam di Jalan Kakap,” katanya.

Baca Juga: Tak Bayar Pajak Sewa, Enam Ruko di Citra Niaga Samarinda Disegel

2. Proyek flyover bakal masuk skema proyek tahun jamak

Atasi Macet, Pemkot Samarinda akan Bangun Flyover di Sungai Dama Ilustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Lantaran ini mega proyek, kata dia, tentu dalam prosesnya memerlukan dana tak sedikit. Dengan kata lain, proyek prestisius tersebut bakal masuk skema kontrak tahun jamak atau multi year contract. Anggaran berasal dari APBD 2021 hingga 2023.

Rembuk mengenai wacana itu pun sudah dilakukan.

“Rapat ini untuk merumuskan langkah-langkah pengerjaan proyek, agar bisa terangkum dalam proyek multi years sebagai dasar kita untuk berkomunikasi dengan Wali Kota dan DPRD Samarinda,” sebutnya.

3. Segera dipaparkan di hadapan Wali Kota Samarinda

Atasi Macet, Pemkot Samarinda akan Bangun Flyover di Sungai Dama Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Sugeng pun berharap pihak terkait bisa menyusun kelengkapan dokumen dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda. Sehingga dalam waktu dekat bisa dipaparkan ke hadapan Wali Kota Samarinda.

“Utamanya berkaitan dengan membangun akses jalan dan  kekuatan fiskal APBD Perubahan 2021 dan APBD 2022,” pungkasnya.

Baca Juga: Nasib PKL Tepian Mahakam dalam Ambisi Memenuhi RTH Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya