Comscore Tracker

Banjir Tiga Hari, Pemkot Tetapkan Status Samarinda Tanggap Darurat

Sebanyak 4 kecamatan terendam dan 30 ribu warga terdampak

Samarinda, IDN Times-Tiga hari Samarinda dilanda bencana banjir. Sebanyak 30 ribu warganya terdampak, tak hanya itu saja ada 4 kecamatan dan 14 kelurahan dinyatakan terendam. Jumlah diperkirakan kian bertambah. Itu sebabnya Pemerintah Kota Samarinda pun menetapkan status tanggap darurat banjir dan tanah longsor.

"Saya terus melakukan koordinasi kepada para camat, khususnya yang warganya terdampak banjir untuk terus memonitor, dan siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Syaharie Jaang, usai meninjau sejumlah titik lokasi banjir, Senin (25/5) malam seperti dilansir dari berita Antara.

1. Status tanggap darurat ditetapkan setelah mendapat peringatan dari BMKG Samarinda

Banjir Tiga Hari, Pemkot Tetapkan Status Samarinda Tanggap DaruratWali Kota Samarinda Syaharie Jaang (rompi warna krem) saat meninjau lokasi banjir (Humas Pemkot Samarinda)

Dia menjelaskan, status tanggap darurat dietetapkan setelah adanya peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda serta mengantisipasi bencana alam sejak dini yang mana masa tanggap darurat ditetapkan selama 14 hari terhitung mulai 22 Mei hingga 4 Juni mendatang.

"Kami telah memberikan tembusan surat ini kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI dan gubernur Kaltim serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim," jelasnya.

2. Banjir datang saat warga sedang digempur pandemik COVID-19

Banjir Tiga Hari, Pemkot Tetapkan Status Samarinda Tanggap DaruratWarga terdampak banjir di Samarinda saat dievakuasi (Humas Pemkot Samarinda)

Menurut Jaang, banjir tahun ini memang cukup besar dan sangat berdampak pada aktivitas ekonomi masyarakat yang tengah melawan pandemik COVID-19.

"Marilah kita sama- sama saling bergotong-royong untuk membantu warga yang terkena musibah, Pemerintah akan terus hadir memberikan bantuan, dan berharap musibah ini segera berakhir," tegasnya.

3. Selain menyerahkan bantuan sembako, warga diminta tak segan lapor bila perlu bantuan evakuasi

Banjir Tiga Hari, Pemkot Tetapkan Status Samarinda Tanggap DaruratWali Kota Samarinda Syaharie Jaang saat menyerahkan bantuan kepada warga (Humas Pemkot Samarinda)

Selain meninjau Jaang juga menyerahkan bantuan secara simbolis untuk beberapa RT dan nantinya bakal disusul lagi bantuan per kepala keluarga. Selain itu juga telah disiapkan dapur umum, posko kesehatan di kantor Kelurahan Temindung Permai Jalan DI Pandjaitan. Tak hanya itu, dia juga meminta warga yang perlu bantuan evakuasi jangan segan meminta bantuan kepada posko resmi BPBD Samarinda.

"Pertimbangan kami menetapkan Samarinda tanggap darurat, melihat kondisi dan penyebaran di lapangan yang terdampak dan kondisi riil masyarakat yang membutuhkan," pungkas Jaang.

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya