Comscore Tracker

Bendera Merah Putih Gagah Berkibar di Tengah Ratusan Warga Samarinda

Peringatan 75 tahun kemerdekaan Indonesia

Samarinda, IDN Times - Tahun ini ada yang berbeda dari pelaksanaan upacara kemerdekaan di Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin (17/8/2020) siang. Detik-detik proklamasi diperingati di pusat kota bersama warga yang melintas. Persisnya di Simpang Empat Lembuswana (Jalan M Yamin, Jalan Mayjen S Parman, Jalan dr Soetomo, dan Jalan Letjend Soeprapto).

“Saya senang. Ini yang pertama kali. Sebelumnya tak pernah ada peringatan seperti ini,” kata Adi.

1. Pengibaran bendera merah putih di tengah-tengah ratusan warga

Bendera Merah Putih Gagah Berkibar di Tengah Ratusan Warga SamarindaIptu Fajar Hayyi Novianti saat mengibarkan bendera di tengah-tengah Simpang Empat Lembuswana, Samarinda (Jalan M Yamin, Jalan Mayjen S Parman, Jalan dr Soetomo, dan Jalan Letjend Soeprapto) (IDN Times/Yuda Almerio)

Pria 52 tahun ini adalah warga asli Samarinda. Domisili Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara. Bersama ratusan warga lainnya, dia berhenti selama tiga menit lalu hormat kepada bendera merah putih. Mendekati detik-detik proklamasi, semua kendaraan yang melintas diminta berhenti.

Meski mentari menyengat, sang saka itu berkibar indah di tangan polisi wanita Iptu Fajar Hayyi Novianti yang berdiri di atas mini bus. Kendaraan roda jamak ini sengaja diparkir di tengah jalan kemudian dikelilingi lingkaran para sukarelawan. Sebelum agenda ini berlangsung, lebih dulu sirene mobil pemadam kebakaran meraung-raung memekakkan telinga.

“Semoga semangat kemerdekaan ini tetap dipegang teguh,” harapnya kemudian melanjutkan perjalanan ke Pasar Segiri.

Baca Juga: Rayakan HUT RI, 10 Peselam PPU Kibarkan Bendera di Bawah Laut

2. Peringatan detik-detik proklamasi di Samarinda berlangsung di tiga lokasi

Bendera Merah Putih Gagah Berkibar di Tengah Ratusan Warga SamarindaRatusan warga berkumpul di tengah Simpang Empat Lembuswana, Samarinda (Jalan M Yamin, Jalan Mayjen S Parman, Jalan dr Soetomo, dan Jalan Letjend Soeprapto) memperingati detik-detik proklamasi (IDN Times/Yuda Almerio)

Sementara itu, Ketua Info Taruna Samarinda (ITS), Joko Iswanto menerangkan ada tiga lokasi yang dijadikan titik peringatan detik-detik proklamasi. Pertama di Kegubernuran Kaltim, kedua di Simpang Tiga Bhayangkara (Jalan Bhayangkara, Jalan Pahlawan dan Jalan Kusuma Bangsa) dan terakhir di Simpang Empat Lembuswana.  

“Khusus Simpang Empat Lembuswana ada 61 regu sukarelawan. Semuanya menggunakan masker dan menjaga jarak saat pelaksanaan,” terangnnya.

3. Ada 20 kendaraan yang membunyikan sirene selama semenit

Bendera Merah Putih Gagah Berkibar di Tengah Ratusan Warga SamarindaWarga di tengah-tengah Simpang Empat Lembuswana, Samarinda (Jalan M Yamin, Jalan Mayjen S Parman, Jalan dr Soetomo, dan Jalan Letjend Soeprapto) (IDN Times/Yuda Almerio)

Tak hanya itu, kata dia, sirene akan  berbunyi selama semenit di tiga tempat pelaksanaan kegiatan dari 20 kendaraan pemadam kebakaran. Lalu dilanjutkan dengan menyanyi serentak lagu Indonesia Raya.

Total semua agenda adalah tiga menit. Pesertanya beragam, selain dari sukarelawan, polisi, dan TNI ada pula warga yang melintas di Simpang Empat Lembuswana.

“Kita harap dengan pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi ini bisa membakar semangat kemerdekaan di tengah pandemik,” pungkasnya.   

Baca Juga: Peringatan HUT RI di Balikpapan, Khidmat Meski Diwarnai Hujan 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya