Kabar Baik, 59 Persen Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Sembuh

Walau begitu, masyarakat diminta jangan lengah

Samarinda, IDN Times - Kasus virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur tetap alami penambahan meskipun hanya satu orang terkonfirmasi positif. Itu sebab Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengingatkan agar warga senantiasa waspada. 

“Jangan lengah hanya karena banyak pasien sembuh atau kasus tak bertambah. Harus tetap berjaga,” ujar Andi dalam keterangan persnya via Zoom pada Senin (1/6) petang.

1. Walaupun kasus COVID-19 di Kaltim melandai warga tetap diminta waspada

Kabar Baik, 59 Persen Pasien Positif COVID-19 di Kaltim SembuhAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Lebih lanjut dia menerangkan, kasus COVID-19 di Kaltim memang sudah mulai melandai. Dalam beberapa pekan terakhir tak ada peningkatan kasus yang signifikan. Meski demikian, dia meminta warga senantiasa menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Misalnya, pakai masker saat berada di luar rumah, jaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin cuci tangan.

“Pertanyaannya warga bisa disiplin tidak menerapkan itu,” paparnya.

2. Kasus ODP COVID-19 Kaltim tembus sepuluh ribu lebih

Kabar Baik, 59 Persen Pasien Positif COVID-19 di Kaltim SembuhIlustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini merincikan, hingga saat ini ada 10.149 orang dalam pemantauan (ODP), dari jumlah tersebut sebanyak 9.566 sudah selesai jalani pemantauan, sehingga tersisa 583 kasus. Sementara itu jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya ada 1.194 kasus, dari hasil pemeriksaan sampel sebanyak 296 orang dinyatakan positif COVID-19, lalu sebanyak 608 orang diperiksa hasilnya negatif dan masih menunggu tes laboratorium ada 289 kasus.

“Paling banyak dari Samarinda, ada 108 sampel yang menanti pemeriksaan laboratorium. Jadi kasus bisa bertambah kapan saja,” tegasnya.

Baca Juga: Bukan Penduduk Kaltim Masuk ke Balikpapan Wajib Tes Swab

3. Persentase kesembuhan dari COVID-19 sudah mencapai 59 persen

Kabar Baik, 59 Persen Pasien Positif COVID-19 di Kaltim SembuhIlustrasi pemakaman jenazah COVID-19 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dia menambahkan, dari 296 pasien positif ini sebanyak 175 dinyatakan sembuh. Itu artinya, dari total kasus positif sebanyak 59 persen berhasil sembuh dan dibolehkan kembali ke rumah. Namun demikian ada pula yang harus menutup usia karena COVID-19 sebanyak tiga pasien.

“Kita harap bersama, pasien sembuh terus bertambah. Ingat selalu tegas dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Jelang 'New Normal', Cangkang Sawit Kaltim Kembali Diekspor ke Jepang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya