Kabar Baik! Besok, 25 Ribu Vaksin COVID-19 Bakal Tiba di Kaltim 

Hanya diutamakan bagi nakes sebagai garda terdepan

Samarinda, IDN Times - Kabar baik bagi warga Kaltim. Vaksin untuk menangani pandemik virus corona atau COVID-19 bakal tiba di Kaltim besok. Informasi mengenai kedatangan penangkal wabah corona ini disampaikan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor kepada sejumlah media pada Senin (4/1/2021).

“Besok vaksin itu sudah datang di Kaltim,” ujar Isran Noor.

1. Ada 25 ribu vaksin yang bakal di tiba di Kaltim

Kabar Baik! Besok, 25 Ribu Vaksin COVID-19 Bakal Tiba di Kaltim Gubernur Kaltim Isran Noor (IDN Times/Haikal)

Kaltim saat ini memang butuh penangkal virus tersebut. Pasalnya hingga saat ini Benua Etam belum bisa lepas dari sepuluh besar provinsi dengan kasus terbanyak di Indonesia. Kini akumulasinya sudah mencapai 28.077 kasus. Meski demikian dari total itu sebanyak 23.535 pasien sudah alami kesembuhan menyisakan 3.773 dalam perawatan. Kendati demikian 769 di antaranya tak bisa diselamatkan. Nantinya, vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat ini diangkut melalui jalur udara dan akan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dengan alat pendingin.

“Vaksin yang tiba nantinya sebanyak 25 ribu dosis,” katanya

2. Nakes bakal diprioritaskan menerima vaksin COVID-19

Kabar Baik! Besok, 25 Ribu Vaksin COVID-19 Bakal Tiba di Kaltim Satuan Gugus Tugas COVID-19 Pusat kembali mengirimkan sejumlah alat kesehatan untuk tenaga medis di sejumlah Puskesmas di Provinsi Aceh dalam penanganan pasien COVID-19 (Antara Aceh/Ampelsa)

Namun penangkal virus ini belum bisa dinikmati warga. Hanya tenaga dan petugas kesehatan saja yang bisa menerimanya. Maklum saja, mereka adalah garda terdepan hadapi virus corona selama sembilan bulan.

"Itu nanti diprioritaskan bagi nakes (tenaga/petugas kesehatan) di Kaltim. Satu nakes bakal terima dua dosis vaksin,” imbuhnya.

Baca Juga: Nah! Kaltim Tak Masuk Daerah Prioritas  Pembagian Vaksin COVID-19 

3. Vaksinasi nasional bakal serentak dilaksanakan pada 14 Januari 2021

Kabar Baik! Besok, 25 Ribu Vaksin COVID-19 Bakal Tiba di Kaltim Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Setelah tiba di Balikpapan, lanjutnya, vaksin ini bakal didistribusikan langsung ke 10 kabupaten/kota di Kaltim sesuai kebutuhan atau jumlah nakesnya. Totalnya sementara ada 12,5 ribu nakes yang bakal dimunisasi. Mantan bupati Kutai Timur ini juga menambahkan, vaksin ini bakal terus berdatangan. Sehingga tak perlu khawatir warga tak bisa menerima vaksin virus corona.

“Vaksinasi secara nasional dilakukan serentak pada 14 Januari 2021,” pungkasnya.

Baca Juga: Terkonfirmasi COVID-19, Anggota DPRD Kaltim Muspandi Meninggal Dunia

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya