Kaltim Punya Potensi Besar Lahirkan Atlet Esport Terbaik di Indonesia 

30 persen dari sejuta penduduk di Kaltim adalah pemain gim

Samarinda, IDN Times - Zaman telah bersalin. Candu game (gim) online/konsol tak lagi negatif, bahkan sebaliknya membawa untung dan dikenal dunia. Hal ini ini pula yang dilirik oleh Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) melebarkan sayap di berbagai daerah di Indonesia. Kaltim salah satunya.

“Potensi atlet esport ini sangat besar. Dan Kaltim punya atlet yang disewa daerah lain untuk berkompetisi,” ujar Darwin Tandrin, ketua Harian Pengprov ESI Kaltim saat diwawancarai IDN Times pada Selasa (25/8/2020) sore.

1. Stigma dunia game tak lagi buruk semenjak kelahiran esport

Kaltim Punya Potensi Besar Lahirkan Atlet Esport Terbaik di Indonesia Darwin Tandrin, ketua Harian Pengprov ESI Kaltim. Dok. IDN Times/Istimewa

Wajar saja demikian, berdasarkan  yang dirilis oleh Newzoo pada 2019 lalu, pasar gim global sudah mencapai angka USD152 miliar (sekitar Rp2,22 kuadriliun), meningkat 9,6 persen dibanding tahun sebelumnya (years on years/yoy). Nah, di kawasan Asia Pasifik, Indonesia merupakan salah satu pasar video gim terbesar dengan nilai mencapai USD941 juta atau setara Rp13,8 triliun. Asia Pasifik merupakan wilayah dengan pertumbuhan pasar gim paling tinggi di dunia. Termasuk Tiongkok dan India yang juga memiliki jumlah pemain gim sangat besar. Belum lagi didukung oleh jaringan internet serta gawai yang canggih. Sehingga tak heran jika cabang olahraga ini berkembang pesat. Esport adalah permainan video gim yang bersifat kompetitif. Perlahan-lahan stigma dunia game tak lagi buruk.

“Jadi memang membawa hal yang positif. Dan tujuan dibentuknya Pengprov ESI Kaltim juga demikian. Agar anak-anak jauh dari narkoba,” tuturnya.

2. Sebanyak 300 ribu warga Kaltim berpotensi jadi atlet esport

Kaltim Punya Potensi Besar Lahirkan Atlet Esport Terbaik di Indonesia ilustrasi game online (unsplash/Alex Haney)

Pengprov ESI Kaltim belum lama terbentuk. Persisnya awal Maret 2020 lalu lewat online. Inaugurasinya serentak di semua provinsi Indonesia. Tak banyak undangan memang, karena masa pandemik virus corona atau COVID-19. Dan dalam waktu dekat pengurus cabang 10 kabupaten/kota di Kaltim juga bakal didirikan. Darwin yakin ke depan esport di Benua Etam bakal berkembang pesat sebab saat ini sebagian besar anak muda itu bermain gim. Dengan massa yang begitu banyak itu maka bibit-bibit atlet juga demikian.

“Intinya 30 persen dari jumlah penduduk itu pasti bermain gim. Di Kaltim penduduknya sejuta lebih, maka 300 ribu orang adalah pemain gim,” sebutnya.

Baca Juga: Hore! Akhirnya Insentif untuk Nakes COVID-19 Kaltim Cair 18 Agustus

3. Dunia sudah diguncang oleh esport, Kaltim harus ikut ambil bagian

Kaltim Punya Potensi Besar Lahirkan Atlet Esport Terbaik di Indonesia ilustrasi bermain game (theasianparent.com)

Perlu diingat, tambah Darwin, banyak atlet esport Kaltim yang disewa daerah lain untuk berkompetisi. Sudah seharusnya warga Benua Etam mengharumkan daerah sendiri. Baik itu pertandingan tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional hingga internasional. Dunia saat ini sudah diguncang oleh esport dan Indonesia harus ambil serta, pun juga Kaltim.

“Kalau bisa dimanage dengan baik maka tak hanya atlet yang jadi, tapi juga pengembang perangkat lunak video gim,” tutupnya.

Baca Juga: Disdik Kaltim Sebut PPDB di Kaltim Terbaik se-Indonesia

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya