Kaltim Urutan 7, Provinsi dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Indonesia

Syukurnya, persentase kesembuhan sudah mencapai 84,5 persen

Samarinda, IDN Times - Angka pandemik virus corona atau COVID-19 di Kaltim terus bertambah. Hingga kini akumulasi positif sudah mencapai 17.172 kasus. Jumlah itu tentu tak sedikit, bahkan hingga kini Benua Etam belum bisa lepas dari 10 besar provinsi dengan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia. Meski demikian perlahan-lahan angka sembuh menanjak naik.

“Wajib disyukuri angka sembuh terus naik, namun positif juga ikut bertambah. Maka dari warga harus tetap waspada,” terang Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas COVID-19 Kaltim saat dikonfirmasi pada Selasa (17/11/2020) pagi.

1. Kaltim berada di urutan ketujuh kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia

Kaltim Urutan 7, Provinsi dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di IndonesiaAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim/Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Dari data yang dihimpun IDN Times saat ini Benua Etam berada di posisi ketujuh provinsi dengan kasus positif terbanyak di Indonesia. Dengan akumulasi positif mencapai 17.172 kasus, Kaltim berada di urutan ketujuh jumlah kasus terbanyak di Indonesia. Hanya setingkat di bawah Sumatra Barat dengan 17.355 kasus.

Kenyataan ini tentu harus jadi perhatian bersama sebab dari temuan Satgas COVID-19 Kaltim di lapangan, banyak warga tak pakai masker. Padahal salah satu cara mengurangi penyebaran wabah adalah dengan masker.

“Sebagian besar warga terpantau tanpa masker itu saat berada di pasar atau café. Ingat, sekali lagi jangan pernah sepelekan virus corona,” tegasnya.

Baca Juga: Temuan Satgas COVID-19, Banyak Warga Kaltim Tak Pakai Masker di Pasar

2. Persentase kesembuhan sudah mencapai 84,5 persen

Kaltim Urutan 7, Provinsi dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di IndonesiaRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dari statistik terakhir pada 16 November 2020, kenaikan kasus masih terjadi. Terhitung ada 159 positif bertambah. Jumlah itu menyebar ke sejumlah daerah di Kaltim, mulai dari Berau 32 kasus, Kutai Kartanegara 10, Kutai Timur 46, Balikpapan 24, Bontang 13 dan Samarinda 34 kasus.

Syukurnya pasien sembuh COVID-19 jauh lebih banyak. Total ada 222 pasien sembuh tercatat. Juga menyebar di sejumlah daerah di Bumi Mulawarman. Mulai dari Berau 1, Kutai Barat 2, Kutai Kartanegara 71, Kutai Timur 55, Paser 9, Penajam Paser Utara 1, Balikpapan 18, Bontang 10 dan Samarinda 55 kasus. Sayangnya kondisi ini juga diikuti oleh kasus kematian sebanyak dua orang. Dari Berau dan Kutai Timur.

“Itu sebab kita harus saling menjaga. Saat ini persentase kesembuhan sudah mencapai 84,5 persen. Kita harap ke depan semakin meningkat,” tuturnya.

3. Mengatasi virus corona jadi pekerjaan bersama

Kaltim Urutan 7, Provinsi dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di IndonesiaSatuan Gugus Tugas COVID-19 Pusat kembali mengirimkan sejumlah alat kesehatan untuk tenaga medis di sejumlah Puskesmas di Provinsi Aceh dalam penanganan pasien COVID-19 (Antara Aceh/Ampelsa)

Dia menambahkan, perlahan persentase kesembuhan Kaltim terus membaik walaupun pertambahan kasus positif juga tetap tinggi. Kondisi ini tentu jadi pekerjaan bersama. Bukan hanya satgas saja yang bertugas, warga secara keseluruhan juga ikut ambil peran. Sederhana saja, cukup ikut anjuran pemerintah.

“Berusaha disiplin protokol kesehatan. Dari menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Mari jaga diri dan sesama dari virus corona,” pungkasnya.

Kaltim Urutan 7, Provinsi dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di IndonesiaInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Kabar Baik! Kaltim Dapat 2 Juta Lebih Vaksin Virus Corona di Desember

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya