Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Kaltim Masih Fluktuatif, Satgas Minta Warga Tak Lengah

Prokes masih menjadi senjata utama atasi corona

Samarinda, IDN Times - Perkembangan kasus virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) memang turun naik alias fluktuatif. Meski demikian dalam sepekan terakhir kasus hariannya mulai terkendali. Kendati demikian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kaltim meminta warga waspada.

“Meski menurun tajam, tetapi penerapan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan. Kita jangan lalai dan lengah," ujar Padilah Mante Runa, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim saat dikonfirmasi, Selasa (6/4/2021). 

1. Warga diminta lepas masker saat makan dan minum saja

Kasus COVID-19 Kaltim Masih Fluktuatif, Satgas Minta Warga Tak LengahPetugas keamanan berjaga di hotel yang dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19, di Hotel Yasmin, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (14/9/2020). ANTARA FOTO/Fauzan

Maklum walaupun terkendali, saban hari pertambahan kasus masih terjadi. Bila sehari sebelumnya sempat 90 kasus terkonfirmasi, maka pada 6 April 2021 jumlahnya kembali bertambah menjadi 197 kasus. Kondisi ini lah yang membuat Padilah tetap kukuh agar warga taat dengan prokes.

Lantaran hanya dengan mentaati aturan tersebut rantai penyebaran wabah bisa dipangkas. Meskipun memang terjadi penurunan beberapa pekan ini.

"Pemerintah tidak bosan-bosannya mengingatkan itu kepada masyarakat. Jika memang melepas masker, ya ketika makan dan minum saja. Setelah digunakan lagi. Jadi, tetap disiplin," sebutnya.

Baca Juga: Atasi Banjir Samarinda, Pengamat: Bisa Gunakan Lubang Bekas Tambang

2. Persentase sembuh dari COVID-19 sudah mencapai 93,6 persen

Kasus COVID-19 Kaltim Masih Fluktuatif, Satgas Minta Warga Tak LengahMendikbud Nadiem Makarim kunungi pemberian 1.000 bagi tenaga guru dan pendidik di Balikpapan, Selasa (6/4/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Mengentaskan persoalan wabah ini memang tanpa target. Hanya saja besar harapan virus corona ini segera tuntas. Namun paling penting, menurut Padilah adalah sinergi antara warga dan satgas. Utamanya berkaitan dengan penerapan aturan. Selain prokes, masih ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di semua kabupaten/kota di Kaltim dan juga Kaltim Steril/Silent. Syukurnya ketiga belied ini sudah berjalan seiring dengan penurunan kasus positif dan peningkatan angka sembuh. Kini persentase mencapai 93,6 persen.

“Tetapi kita harus tetap waspada dan jangan lengah,” pintanya.

3. Vaksinasi ditarget selesai akhir tahun

Kasus COVID-19 Kaltim Masih Fluktuatif, Satgas Minta Warga Tak LengahIlustrasi petugas medis yang menangani COVID-19 (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Seiring dengan implementasi aturan, kata dia, proses vaksinasi juga berjalan hingga saat ini. Dengan adanya penambah imun tubuh ini penyebaran virus corona juga bisa diatasi. Dan diharapkan akhir tahun ini pemberian vaksin COVID-19 bisa tuntas bila tak lepas dari agenda.

“Mari terus menjaga diri agar terhindar dari virus corona,” pungkasnya.

Baca Juga: Akhirnya Jalur Menuju Bandara APT Pranoto Samarinda Segera Diperbaiki

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya