Kisah Aryo, Penyandang Autis yang Sukses Menyumbang Ide untuk RPJMN

Diundang khusus oleh Bappenas mewakili Kaltim ke Jakarta

Samarinda, IDN Times - Di tengah lautan manusia, Aryo Panembahan Notowijoyo, setengah gamang. Namun perlahan-lahan, dia kemudian menguasai dirinya lantas melanjutkan kembali tugasnya, menyumbang ide bagi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. 

1. Menulis agar tidak di-bully

Kisah Aryo, Penyandang Autis yang Sukses Menyumbang Ide untuk RPJMNIDN Times/Yuda Almerio

November 2018 adalah waktu dia dan pendampingnya, Farah Flamboyan yang juga penanggung jawab dari Pelita Bunda, mengunjungi Jakarta.

Keduanya mendapat undangan khusus dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Bersama 24 anak berkebutuhan khusus (ABK) lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, Aryo berburu dengan waktu.

“Iya, waktu itu saya menulis berbagai harapan agar anak ABK seperti saya tidak dibully lagi,” kata Aryo saat menceritakan kisahnya kepada IDN Times, di Pelita Bunda Education Centre.

Baca Juga: Ada 3.230 Anak Berkebutuhan Khusus di Kaltim Perlu untuk Dirangkul

2. Dilarang bermain bola karena ABK

Kisah Aryo, Penyandang Autis yang Sukses Menyumbang Ide untuk RPJMNpsychiatryadvisor.com

Meskipun ABK dengan autis dan punya keterbatasan motorik gerak, nyatanya Aryo pungkas menuangkan pikirannya di atas lembaran kertas. Judul dari ide dibalut dengan curahan hatinya tersebut ialah, “Aku Ingin Bermain Sepak Bola.”

Dalam tulisannya itu, Aryo mengaku walaupun menuntut ilmu di sekolah reguler, tetap saja dirinya mendapatkan perlakuan berbeda karena ABK.

Paling nyata saat pelajaran olahraga. Itu terjadi sejak kelas 2 SD, sekarang sudah kelas 6.

“Saya dilarang bermain sepak bola. Padahal saya sangat ingin ikut, jadinya saya hanya menonton di pinggir lapangan,” akunya lagi. Keterbatasan dalam urusan motorik adalah kendala utama dirinya tak dilibatkan dalam kegiatan fisik.

3. Aryo berlatih fisik mandiri demi bisa bermain bola dengan kawannya

Kisah Aryo, Penyandang Autis yang Sukses Menyumbang Ide untuk RPJMNPixabay.com/sasint

Aryo pun mengerti, karena itu dia mengobati rasa sedihnya dengan bermain petak umpet bersama rekannya yang juga ABK.

Walaupun dilarang bermain bola, tetap saja Aryo kukuh, tatkala bola keluar dari lapangan dia kemudian berusaha mengejar lalu melemparkan bola itu kembali kepada kawannya yang bermain.
“Itu saja sudah membuat saya sangat senang,” katanya.

Demi mendapatkan kesempatan bermain, ia melakukan latihan fisik pribadi. Baik itu di rumah dan tempat terapi, Pelita Bunda. “Ya, sampai sekarang saya masih menunggu diajak bermain,” imbuhnya.

4. Mengusulkan program buddy bagi ABK

Kisah Aryo, Penyandang Autis yang Sukses Menyumbang Ide untuk RPJMNshutterstock.com

Lalu apa saja disarankan oleh Aryo kepada Kementerian PPN/Bappenas?
Setidaknya ada tujuh harapan Aryo, pertama ialah semoga ABK dengan keterbatasan motorik diberikan kesempatan ikut dalam kelas olahraga, lalu harapan tidak dibedakan dengan anak reguler agar dapat bergabung dan mencontoh mereka, jangan membully ABK, diperhatikan pemerintah dengan terapi gratis, mendapat penanganan yang baik di rumah atau di sekolah, mencanangkan program buddy (kawan yang mendampingi) sehingga bisa dibimbing dan terlindungi kemudian yang terakhir ialah harapan bisa bebas dari keterbatasan motorik gerak.

“Saya ingin sekali program buddy ini segera terwujud,” harapnya.
Tulisan Aryo ini kemudian dibukukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama 24 karya ABK dari daerah lain. Judulnya, Kumpulan Naskah Suara Anak Penyandang Disabilitas dengan Tema; Dengarkan Curhatan Kami (2019).

5. Semua manusia punyak hak yang sama

Kisah Aryo, Penyandang Autis yang Sukses Menyumbang Ide untuk RPJMNIDN Times/Yuda Almerio

Selama berada di Jakarta, baik Farah dan Aryo, sama-sama punya misi. Bila Aryo menyokong buah pikiran bagi RPJMN, maka Farah lebih kepada dialog khusus mengenai disabilitas dan peran pemerintah dalam pemenuhan hak-hak kaum yang kerap termarginalkan itu.
“Paling tidak masyarakat itu bisa menerima ABK tanpa memandang mereka berbeda,” ujar Farah yang menemani Aryo ketika itu.

Dia menambahkan, semua manusia diciptakan dengan hak sama, termasuk ABK. Mereka hanya perlu dibimbing baik dan punya penanganan berbeda dari kebanyakan orang. “Karena itu sabar adalah kuncinya. Selalu ada jalan bila berusaha,” pungkasnya.

 

Baca Juga: Pada 2020, Balikpapan Bakal Terapkan Sekolah Inklusi Tiap Kecamatan 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya