KKP APT Pranoto Samarinda Tepis Isu 6 Penumpang Tertular Virus Corona

Klarifikasi berita di medsos tidak benar

Samarinda, IDN Times - Virus corona belum menyentuh Samarinda, namun Negeri Jiran Singapura sudah mengumumkan pasien kelima. Bukan tak mungkin endemik dari Wuhan, Tiongkok itu masuk ke ibu kota Provinsi Kaltim ini lantaran penyebarannya bisa melalui udara.

“Sampai sekarang belum ada kami temukan,” ucap Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas II Samarinda, Heru Sasongko pada Selasa (28/1).

1. Pemberitaan di media sosial itu hoax

KKP APT Pranoto Samarinda Tepis Isu 6 Penumpang Tertular Virus CoronaIlustrasi Bandara APT Pranoto Samarinda waspada virus corona (IDN Times/Yuda Almerio)

Sebelumnya KKP APT Pranoto sempat mendapat kabar tak sedap dengan virus corona. Dikabarkan bila balai kesehatan tersebut telah memeriksa delapan orang yang diduga tertular wabah mematikan itu. Namun, Heru menegaskan  bila pihaknya tak pernah memeriksa delapan orang, tapi enam penumpang dari Singapura dan keenamnya tak tertular virus corona, dengan kata lain negatif.

“Jadi pemberitaan di media sosial itu tak benar. Alat deteksi panas pun gak berbunyi,” tambahnya.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Mirip Influenza, Warga Samarinda Diminta Tak Panik

2. Para penumpang masuk dalam pengawasan

KKP APT Pranoto Samarinda Tepis Isu 6 Penumpang Tertular Virus CoronaInfografis virus Corona yang telah menyebar ke 13 negara, selain Tiongkok, pada 28 Januari 2020. (IDN Times/Arief Rahmat)

Langkah tersebut diambil lantaran saat ini Singapura merupakan salah satu negara yang terjangkit virus corona. Hingga saat ini dari catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ada 14 negara tertular virus corona dan dan enam penumpang yang merupakan WNI tersebut baru berlibur dari Negeri Singa itu.

Hingga saat ini ada lima warga Singapura tertular virus dengan kode 2019-nCoV tersebut.

Bila para penumpang itu dinyatakan positif, pastinya sudah diinkubasi selama 14 hari untuk melakukan pemantauan. Namun keenam penumpang ini negatif virus corona.

“Mereka hanya masuk dalam pengawasan,” tuturnya.

3. Belum ada warga Samarinda terkonfirmasi virus corona

KKP APT Pranoto Samarinda Tepis Isu 6 Penumpang Tertular Virus Corona(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Meskipun APT Pranoto hanya bandar udara transit, namun pengawasan ketat tetap dilakukan. Sebelum pemerintah mengeluarkan keputusan siap siaga pihaknya lebih dulu bertindak, aksi nyatanya ialah pemasangan alat pemindai panas sejak Desember tahun lalu. 

“Alhamdulillah hingga sekarang belum ada yang terkonfirmasi,” tutupnya.

Bagi warga Kota Tepian yang hendak menghubungi keluarga di Tiongkok, silakan menghubungi nomor KBR Beijing (selengkapnya lihat grafis) dan ingat untuk pencegahan virus menular, baiknya sering cuci tangan.

Baca Juga: RSUD AWS Memastikan 6 Warga Samarinda Negatif Virus Corona

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya