Comscore Tracker

Kutai Kartanegara Jadi Daerah Terbanyak Positif COVID-19 di Kaltim

Sudah 70 persen lebih, persentase kesembuhan terus meningkat

Samarinda, IDN Times - Setelah Balikpapan dan Samarinda, kini berganti Kutai Kartanegara sebagai penyumbang kasus aktif COVID-19 terbanyak di Kaltim. Itu artinya, Kota Tepian bukan lagi daerah dengan kasus aktif positif coorona terbanyak di Benua Etam. Meroketnya angka kesembuhan membuat Samarinda turun satu peringkat ke posisi dua.

“Kaltim secara umum mulai konsisten meningkatkan level kesembuhan dari virus corona. Per Jumat, 16 September 2020, tingkat kesembuhan di Benua Etam naik jadi 73,1 persen dari sehari sebelumnya 71,9 persen,” ujar Andi Muhammad Ishak dalam rilis hariannya pada Jumat (16/10/2020) petang.

1. Samarinda dongkrak persentase kesembuhan pasien positif COVID-19 di Kaltim

Kutai Kartanegara Jadi Daerah Terbanyak Positif COVID-19 di KaltimAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim/Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Peningkatan tersebut tak lepas dari jumlah kasus sembuh yang melebihi kasus terkonfirmasi positif corona pada Jumat ini. Seperti dilaporkan Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, terdapat 94 kasus positif virus corona hari ini, sementara pasien sembuh dilaporkan 208 kasus.

Adapun puluhan kasus ini berasal dari Kutai Timur sebanyak 38 kasus. Diikuti Paser 10 kasus, Balikpapan 19 kasus, dan Bontang 27 kasus. Penambahan tersebut membuat kasus akumulatif di Kaltim menjadi 11.306. Atau 303,8 kasus per 100 ribu penduduk. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 8.269 orang.

“Dengan penambahan 208 kasus tersebar dari Berau 2 kasus, Kutai Barat 5 kasus, Penajam Paser Utara 3 kasus, Balikpapan 38 kasus, Bontang 24 kasus, dan Samarinda 136 kasus,” urainya.

Baca Juga: Jam Malam di Balikpapan Ditiadakan, THM Belum Boleh Buka Dulu

2. Masih ada 2.603 pasien positif jalani perawatan dan karantina

Kutai Kartanegara Jadi Daerah Terbanyak Positif COVID-19 di KaltimIlustrasi terjaring razia masker, warga diberi sanksi menyapu. (IDN Times/Istimewa)

Adapun pasien meninggal dunia dilaporkan bertambah 3 orang. Dengan perincian dari Kutai Timur 2 kasus dan Samarinda 1 kasus. Total kematian kasus COVID-19 di Kaltim telah mencapai 434 orang, atau 3,8 persen dari total kasus terkonfirmasi positif. Dengan demikian, jumlah kasus COVID-19 aktif atau pasien masih dalam perawatan maupun isolasi mandiri saat ini, berjumlah 2.603 orang. Atau turun 117 kasus dari hari sebelumnya.

“Angka ini juga menjadi yang terendah sejak 1 Oktober 2020, yang berjumlah 2.550 kasus aktif,” tegasnya.

3. Giliran Kutai Kartanegara dengan kasus terbanyak positif aktif virus corona

Kutai Kartanegara Jadi Daerah Terbanyak Positif COVID-19 di KaltimPetugas mengecek proses swab test yang baru dilakukan dari seorang tenaga medis. IDN Times/Candra Irawan

Enam kabupaten/kota di provinsi ini masih menyandang status zona merah dengan kriteria 51 kasus aktif ke atas yang ditetapkan Dinas Kesehatan Kaltim. Terbesar berasal dari Kutai Kartanegara dengan 701 kasus aktif, menyalip Samarinda yang sehari sebelumnya masih 761.

Per Jumat kemarin, Ibu Kota Kaltim tersebut mencatatkan 624 kasus aktif, atau lebih banyak 3 kasus dari Balikpapan yang dilaporkan 621 kasus aktif. Tertinggi berikutnya berasal dari Kutai Timur dengan 277 kasus aktif, diikuti Bontang 248, dan Paser 64. Dua kabupaten berstatus zona kuning (1-25) kasus aktif adalah Berau dan Penajam Paser Utara.

“Sedangkan Kutai Barat menyandang zona oranye dan Mahakam Ulu zona hijau atau bebas dari kasus aktif,” pungkasnya.

Kutai Kartanegara Jadi Daerah Terbanyak Positif COVID-19 di KaltimInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Sudah 71,9 Persen, Angka Sembuh Pasien COVID-19 di Kaltim Naik Lagi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya