Comscore Tracker

Miris, Korban Cabul Ayah Kandung, Dinodai tapi Tak Diakui sebagai Anak

Selain anak kandung, anak tiri juga ikut dicabuli tersangka

Samarinda, IDN Times - Kasus ayah kandung berinisial Nr (40) mencabuli anaknya, Mentari (16)--bukan nama sebenarnya, di Samarinda Seberang masuk kategori inses.

Polisi pun terus menyelidiki perkara tersebut. Dari hasil pengusutan lanjutan, penyidik menemukan sejumlah fakta. Nr diketahui tak hanya mencabuli putri kandungnya, tapi juga anak tirinya, Melati (15)- juga bukan nama sebenarnya, yang masih duduk di bangku SMP.

"Hal tersebut kami peroleh setelah melakukan interogasi berulang," kata Kapolsek Samarinda Seberang, Kompol Suko Widodo, saat ditemui di ruangannya, Kamis (10/10) siang.

1. Selain anak kandung, tersangka juga mencabuli anak tiri

Miris, Korban Cabul Ayah Kandung, Dinodai tapi Tak Diakui sebagai AnakIDN Times/Sukma Shakti

Dari pengakuan Melati kepada polisi. Nr, melakukan perbuatan tak senonoh itu di sebuah penginapan di Samarinda sebanyak empat kali, dari November 2017 hingga April 2018. Namun tuduhan tersebut masih diselidiki polisi. 

"Bahkan, korban (Melati) juga sempat diancam. Kalau tak menurut (untuk dicabuli) ibunya (Yu) akan dibunuh," katanya.

Sementara Mentari itu berkali-kali menjadi korban pencabulan semenjak berusia 10 tahun atau mulai tahun 2013 - bukan 11 tahun seperti pengakuan sebelumnya.

Bahkan, gadis belia itu sampai lupa berapa kali dia dicabuli oleh ayah kandungnya. Kesal sudah pasti, namun Mentari memendam hal tersebut. Hingga akhirnya dia memberanikan diri melapor ke Mapolsek Samarinda Seberang Rabu (2/10) pekan lalu. 

"Dia datang sendiri. Kami waktu itu dengar ceritanya dan langsung memberikan pendampingan lewat Dinas Kependudukan, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (KP3A Kaltim)," sebut Suko.

Baca Juga: Takut Diceraikan, Ibu Kandung Biarkan Anaknya Dicabuli Ayah Tirinya

2. Tersangka menangis setelah diberikan bukti

Miris, Korban Cabul Ayah Kandung, Dinodai tapi Tak Diakui sebagai AnakIDN Times/Sukma Shakti

Lalu bagaimana kisahnya, Mentari memiliki saudara tiri? Rupanya, tutur kapolsek, ibu kandung Mentari meninggal saat usianya masih 10 tahun, enam tahun lalu.

Tak lama setelah itu, Nr, ayahnya, menikah lagi dengan Yu (35) yang saat ini menjadi ibu tiri Mentari. Pasangan itu merupakan janda dan duda.

Sebenarnya, Mentari punya tiga saudara, dia anak keempat namun ketiga kakaknya itu berada di Jawa. Hanya Mentari yang turut dengan ayahnya. Yu juga memiliki anak dari suami sebelumnya, yakni Melati. 

"Dari keterangan sebelumnya, tersangka tak mengaku mencabuli anaknya, namun setelah semua bukti diberikan tersangka hanya bisa diam dan menangis," jelas Kompol Suko.

3. Anak kandung tak diakui sebagai darah daging karena tak dirawat sejak kecil

Miris, Korban Cabul Ayah Kandung, Dinodai tapi Tak Diakui sebagai AnakIDN Times/Sukma Shakti

Menurut kapolsek, tersangka itu suka bermain watak, namun setelah diberikan semua bukti dia tak bisa berbuat apa-apa selain mengaku.

Tapi, ironisnya, setelah melakukan semua perbuatan cabul itu ke anak kandungnya sejak usia 10 tahun, tersangka menolak mengakui Mentari sebagai darah dagingnya.

"Alasannya karena dia (tersangka) tak merawatnya sejak kecil, makanya tak diakui. Tapi, kartu keluarga dengan jelas menyatakan keduanya ayah dan anak," pungkas Suko.

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang
  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya