Musisi Eksperimental Samarinda, Mengadu Nada Berisik ke Negeri Panser

Sempat dianggap musik sampah, dibalas dengan prestasi

Samarinda, IDN Times-Choki dan Sabrina fokus melihat ke bawah, badannya sedikit menunduk dan tangannya sibuk mengutak-atik alat berupa synthesizer, mikrofon, delay effect, bell, halilintar, volca fm, volca sample, drone, dan efek pedal di depannya.

Mereka memainkan musik noise, musik unik yang menciptakan gabungan suara yang sering didengar sehari-hari namun disusun dengan ciamik hingga menghasilkan sonik bermakna.

Mereka adalah musisi eksperimental asal Samarinda, Kaltim yang semua anggotanya adalah perempuan bernama Sarana. Sarana adalah gabungan nama dari tiga personel itu yakni Annisa Maharani, Istanara Julia, dan Sabrina.

Ketiga perempuan ini berhasil mengangkat nama Kota Tepian di tingkat nasional hingga internasional. Prestasi dan perjuangan mereka dalam kancah musik noise yang inspiratif ini menjadi kebanggaan dan motivasi untuk turut berkarya di Bumi Etam.

1. Bebas berekspresi dengan musik noise

Musisi Eksperimental Samarinda, Mengadu Nada Berisik ke Negeri PanserBombing Festival 2018/Jay Nicholodov

"Awal mulanya Sarana itu enggak sengaja terbentuk. Jadi, yang duluan main noise itu Sabrina. Cuma, waktu itu ada Gigs 2015, Sabrina ngajak saya dan Istanara buat main bareng. Terus, cari namanya juga yang dari akronim nama kita bertiga saja," jelas Annisa, mahasiswi Universitas Mulawarman yang akrab disapa Choki ini.

Sarana merupakan trio noise asal Samarinda yang sedang naik daun saat ini. Terbentuk sejak 14 Mei 2015, Sarana punya alasan tersendiri di balik pilihan mereka mengusung musik noise. Berawal dari kecintaannya akan musik, namun tidak mahir memainkan alat musik akhirnya mereka mencari cara lain dengan mengeksplor berbagai macam bunyi yang dihasilkan dari alat-alat yang mereka punya.

Selain jadi bisa bebas berekspresi, chemistry satu sama lain saat bermain musik ini membuat penikmatnya tenggelam dalam makna. "Kami harus saling mengisi dan melengkapi biar feeling-nya makin dapet pas main, jadi tidak asal berisik tetapi harus bisa berisi, 'ada',” jelas Annisa.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Suara Musik, Inilah 10 Aplikasi Equalizer Terbaik

2. Sarana bisa pentas ke Jerman

Musisi Eksperimental Samarinda, Mengadu Nada Berisik ke Negeri PanserSarana Music/Achmad Faruk

Tidak hanya karena Sarana spesial dengan anggotanya yang semuanya perempuan, kualitas dari permainan musik mereka mengantar tiga dara ini menginjak berbagai negara. Sebelum keluar negeri, mereka mencuri perhatian banyak mata saat tampil di Sukabumi pada 2016 di festival RRRec Fest in The Valley.

Setelah itu Sarana tampil di Singapura pada November 2016 lalu. "Pertama kali ke Singapura main di gigs namanya Insolence of Deafening Definition di Lithe House. Kemudian yang terakhir di Berlin, Jerman dalam rangkaian acaranya CTM Festival, bertempat di HAU 2 tanggal 1 Februari 2019" jelas perempuan pengagum Rully Shabara, Gabber Modus Operandi, LKTDOV dengan Gardika Gigih ini.

Mereka sebenarnya tak pernah menyangka bisa berprestasi lewat dunia musik. Kalau kata Sabrina, kebanyakan pencapaian yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya, bisa pergi ke luar negeri dan menuai banyak pengalaman.

3. Segera rilis album baru, tepis setiap stigma negatif

Musisi Eksperimental Samarinda, Mengadu Nada Berisik ke Negeri PanserIrockumentary/Agung Hartamurti

Berjalan empat tahun, setelah pulang dari Jerman mereka akan merilis album baru tahun ini setelah 2016 merilis Heal EP. Mereka tak mengubur mimpi meskipun masing-masing sibuk dengan kegiatan kuliah dan bekerja. Setiap ungkapan kurang mengenakkan dari beberapa orang yang terucap mereka tepis dengan prestasi.

"Kata-kata kurang mengenakkan banyak banget. Cuma, yang paling diinget banget, sih, ada yang bilang kalau apa yang dimainkan Sarana itu sampah," ujarnya. Penikmat musik noise memang tidak sebanyak penggemar musik dangdut atau pop.

Untuk bisa menikmati musik ini, kata Choki, tidak perlu ekspektasi yang macam-macam. Cukup melihat dan mendengar sendiri, kemudian bisa menyimpulkan apa yang didapat. "Kalau misalnya ingin betul-betul memahami, ya, coba saja mainkan alat-alat yang biasa dipakai untuk musik noise. Saya dulu awalnya enggak tahu apa-apa sampai akhirnya pas mulai mencoba, akhirnya sampai sekarang. Belajar terus," tutupnya.

https://www.youtube.com/embed/pkg7UNvnjAQ

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya