Comscore Tracker

Pantau Aksi Kriminal, Setiap RT di Samarinda Bakal Dipasang CCTV

Total ada 1.975 RT yang tersebar di 59 kelurahan Samarinda

Samarinda, IDN Times - Bila tak lepas dari rencana maka setiap sudut rukun tetangga (RT) di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) bakal dipasang kamera pengawas atau closed-circuit television (CCTV). Tujuannya tak lain adalah keamanan warga dari aksi kriminal.

“Program CCTV di setiap RT ini harus terintegrasi dengan program Pemkot Samarinda,” ujar Andi Harun, Wali Kota Samarinda seperti dilansir dari rilis resmi Pemkot Samarinda, Selasa (11/5/2021).

1. Anggaran CCTV per RT berasal dari program pro bebaya

Pantau Aksi Kriminal, Setiap RT di Samarinda Bakal Dipasang CCTVIlustrasi CCTV (shutterstock.com)

Menukil data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Samarinda 2015, ada 10 kecamatan di Samarinda. Mulai dari Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda Ilir, Samarinda Ulu, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Loa Janan Ilir, Sambutan, Sungai Kunjang, Sungai Pinang dan Palaran. Nah, dari 10 kecamatan ini terbagi lagi menjadi 59 kelurahan dengan 1.975 RT.

Dari semua kawasan ini, paling luas adalah Kecamatan Samarinda Utara dengan 229,52 kilometer persegi (km2) disusul Palaran 221,29 km2  kemudian Sambutan 100,95 km2 . Meski demikian RT terbanyak ada di Samarinda Ulu, totalnya ada 323 rukun tetangga, selanjutnya Sungai Kunjang 305 RT dan Sungai Pinang 248 RT. Harga kamera pengawas ini beragam. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Jika satu rukun tetangga dapat satu CCTV maka ada 1.975 kamera pengawas siap memonitor warga dan aksi kejahatan. Kendati begitu detail agenda ini masih dimatangkan. Lantas dari mana anggaran untuk menunaikan rencana ini? Andi Harun menyebut program pro bebaya Rp100 juta per RT. Nantinya berjalan tatkala memasuki APBD Perubahan.

“Jadi harapan saya lewat pro bebaya nanti setidaknya RT bisa pengadaan CCTV di lingkungan masing-masing. Karena lewat program ini pemerintah ingin menciptakan situasi keamanan di tingkat RT,” tandas Andi Harun.

Baca Juga: Ambisi Wali Kota Andi Harun Merevitalisasi Citra Niaga Samarinda

2. Korporasi yang menjadi pelaksana mewujudkan wacana CCTV RT sudah rembuk dengan wali kota

Pantau Aksi Kriminal, Setiap RT di Samarinda Bakal Dipasang CCTVIlustrasi permukiman warga (IDN Times/Wayan Antara)

Korporasi yang menjadi pelaksana mewujudkan rancangan tersebut adalah PT ICON+. Perusahaan ini memang fokus bergerak dalam bidang teknologi komunikasi dan informatika. Tak hanya itu, anak perusahaan dari PLN itu juga sudah rembuk dengan Andi Harun pada Senin, 5 Mei 2021.

“Kami siap mendukung Samarinda dalam menerapkan e-government dan smart city,” kata General Manager Regional Kalimantan PT ICON+, Yan Alfito Simanjuntak.

3. Sejumlah proyek CCTV sudah pernah dikerjakan ICON+ di Samarinda

Pantau Aksi Kriminal, Setiap RT di Samarinda Bakal Dipasang CCTVIlustrasi ruang pemantau CCTV (IDN Times/Handoko)

Salah satu kerja sama yang sudah ditunaikan ICON+ adalah pemasangan 45 unit CCTV di Samarinda untuk memantau kondisi lalu lintas dan banjir.

“Selain menyediakan pelayanan free WiFi di 25 lokasi di antaranya di Desa Budaya  Pampang (Samarinda Utara) dan Kampung Tenun (Samarinda Seberang),” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Jukir Liar di Samarinda Tak Masuk Sistem E-Parking

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya