Pelantikan Kepala Daerah Bontang dan Kubar Tatap Muka, Ini Alasannya

Pelantikan kepala daerah terpilih sesuai dengan prokes

Samarinda, IDN Times - Pelantikan kepala daerah terpilih Pilkada 2020 di Kaltim kembali berlanjut. Bila sebelumnya, enam kabupaten/kota sudah punya pemimpin baru, kini giliran Bontang dan Kutai Barat (Kubar) yang bakal adakan inaugurasi serupa dalam waktu dekat.

“Jadwal pelantikan dan pengambilan sumpah bupati/wakil bupati Kubar dan wali kota dan wakil wali kota Bontang hasil pilkada, dijadwalkan Senin 26 April 2021 di Samarinda,” ujar Kepala Biro Humas Setprov Kaltim, Muhammad Syafranuddin saat dikonfirmasi pada Kamis (15/4/2021) sore.

1. Pelantikan kepala daerah serta wakil sesuai dengan surat edaran mendagri

Pelantikan Kepala Daerah Bontang dan Kubar Tatap Muka, Ini AlasannyaKepala Biro Humas Setprov Kaltim HM Syafranuddin (IDN Times/Yuda Almerio)

Sebagai informasi, ada sembilan daerah pelaksana pilkada serentak di Benua Etam, mulai dari Samarinda, Balikpapan, Berau, Bontang, Kutim, Kukar, Kubar, Paser dan Mahulu. Sementara Penajam Paser Utara (PPU) akan melaksanakan kenduri demokrasi pada 2023 mendatang.

Kecuali Mahakam Ulu, ada lima kabupaten/kota yang turut pelantikan gelombang pertama via virtual. Mulai dari Samarinda, Kukar, Kutim, Berau dan Paser. Dengan demikian tersisa tiga daerah. Terdekat ialah Bontang dan Kubar. Kepala daerah di kabupatan/kota ini habis pada 19 April 2021. Sedangkan Balikpapan pungkas pada 31 Mei 2021.

“Pelantikan kedua kepala daerah beserta wakilnya itu, sesuai surat edaran mendagri,” terang Ivan.

Baca Juga: Cocok Untuk Buka Puasa, Ini 7 Makanan Khas dari Samarinda

2. Pengukuhan jabatan kepala daerah ini dilaksanakan di Odah Etam, Kegubernuran Kaltim di Samarinda

Pelantikan Kepala Daerah Bontang dan Kubar Tatap Muka, Ini AlasannyaIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak seperti enam daerah sebelumnya, pelantikan kepala daerah Kubar dan Bontang bakal tatap muka.

Ivan pun menerangkan alasan di balik agenda tersebut yakni jumlah pejabat yang dilantik lebih sedikit, serta mempertimbangkan kasus COVID-19 yang mulai melandai, sehingga prosesinya pelantikan dilakukan di Samarinda.

Jika tak lepas dari rencana, pengukuhan jabatan kepala daerah ini dilaksanakan di Odah Etam, Kegubernuran Kaltim.

“Hanya saja, yang hadir nantinya dibatasi dan menerapkan prokes COVID-19,” tegasnya.

3. Inaugurasi kepala daerah sepaket dengan agenda hari Otda

Pelantikan Kepala Daerah Bontang dan Kubar Tatap Muka, Ini AlasannyaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dia menambahkan, untuk kepala daerah yang dilantik masing-masing, Kubar ada FX Yapan berpasangan Edyanto Arkan sementara Bontang adalah Basri Rase dan Najirah.

Terkait SK mendagri, dijelaskan sudah terbit Februari lalu bersamaan dengan SK 6 kepala daerah yang dilantik pada 26 Februari 2021 lalu. Nantinya pelantikan kepala daerah ini bakal dirangkai dengan Hari Otonomi Daerah (Otda).

“Sebenarnya hari Otda pada 25 April, karena bertepatan hari Minggu diundur ke Senin 26 April bersamaan dengan pelantikan kepala daerah Kubar dan Bontang,” pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Didin Hamid, Bisnis Kopi di Balikpapan sampai ke Mancanegara

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya