Pulang dari Arab Saudi, TKI Asal Kaltim Positif COVID-19

Warga diminta waspada dengan potensi gelombang kedua corona

Samarinda, IDN Times - Kasus virus corona atau COVID-19 di Kaltim kembali bertambah. Syukurnya kali ini pasien sembuh lebih banyak. Jumlahnya ada 16 orang, sementara yang terkonfirmasi positif hanya 5 kasus saja.

“Kita berdoa saja, pasien sembuh semakin banyak,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat dihubungi pada Rabu (17/6) malam.

1. Pasien sembuh dari COVID-19 di Kaltim sudah 73 persen

Pulang dari Arab Saudi, TKI Asal Kaltim Positif COVID-19Andi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Saling kejar jumlah kasus pasien positif dan sembuh ini terlihat makin berat sebelah. Hingga kini tersisa 101 pasien yang dirawat. Dengan demikian dari 397 kasus positif COVID-19 sebanyak 73 persen alami kesembuhan. Belasan pasien sembuh ini berasal dari lima daerah. Terbanyak sembuh dari corona ialah Kutai Kartanegara sebanyak 7 orang lalu menyusul Paser dengan 3 pasien sembuh.

“Selanjutnya masing-masing 2 pasien sembuh dari Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Balikpapan,” imbuhnya.

2. Satu TKI asal Kaltim dari Arab Saudi positif COVID-19

Pulang dari Arab Saudi, TKI Asal Kaltim Positif COVID-19Ilustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sementara untuk 5 kasus positif baru ini berasal dari dua daerah, yakni Balikpapan 4 kasus dan Samarinda 1 pasien terkonfirmasi. Kali ini riwayat kategori pasien bervariasi. Sebanyak 3 pasien berasal orang tanpa gejala (OTG). Kemudian lainnya punya riwayat perjalanan dari Arab Saudi, terakhir berasal dari transmisi lokal yang berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP).

“Khusus pasien dengan riwayat perjalanan dari Arab Saudi merupakan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang cuti sementara,” imbuh pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini.

Baca Juga: Nyaris 70 Persen, Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Sudah 261 Orang

3. Hindari potensi gelombang kedua COVID-19, warga diminta taat protokol kesehatan

Pulang dari Arab Saudi, TKI Asal Kaltim Positif COVID-19[Ilustrasi] Pengambilan sampel swab tenggorok. IDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menambahkan, tak hanya pasien sembuh dan positif yang bertambah tapi juga orang dalam pemantauan (ODP) yang jumlahnya kini menjadi 11.497 kasus. Dari belasan ribu ini sebanyak 10.989 ODP selesai jalani masa observasi, dengan demikian tersisa 508 masuk pemantauan. Pun demikian dengan PDP bertambah menjadi 811 kasus. Terakhir dari OTG sebanyak 1.428 kasus.

“Jangan lalai dan tak taat dengan protokol kesehatan, kita tak ingin gelombang kedua terjadi,” pungkasnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Kaltim Selasa 16 Juni: 10 Positif Baru, 14 Sembuh

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya