Rona Mata Cerminkan Kesehatanmu

Demi indera penglihatan jangan terlalu lama bermain gawai

Samarinda, IDN Times- Mata terlihat merah, atau cenderung kuning, terlihat garis-garis tipis berwarna merah, bahkan bola mata yang sedikit tergores warna putih merupakan ciri gangguan pada mata.

Setiap perubahan warna dari mata merupakan cerminan kesehatan diri. Sebab itu, setiap kali berobat dokter seringkali mengarahkan sinar senternya ke arah mata saat konsultasi kesehatan.

"Dari mata, kesehatan hati dapat diketahui. Contohnya kalau lever sehat, mata terlihat segar dan  jernih. Tetapi kalau ada gangguan di hati, mata terlihat menguning. Tetapi jangan main asal spekulasi sendiri, itu hanya salah satu contoh," ungkap dr. Baswara NEW, SpM RSUD AW Sjahranie Samarinda.

1. Mata jadi jawaban dari kondisi kesehatan tubuh

Rona Mata Cerminkan Kesehatanmuunsplash.com/Nonsap Visuals

Mata selalu jadi sorotan awal saat berkaca atau ketika berinteraksi dengan orang lain. Sebab itu, jika ingin mata terlihat segar, kondisi kesehatan tubuh harus diperhatikan lebih dulu.

Mata dapat menjadi jawaban dari setiap respons anggota tubuh. Kamu memang tidak bisa menyimpulkan sendiri sakit yang sedang diderita tubuh, tetapi dengan melihat tampilan lensa mata, penyakit yang sedang masuk ke tubuh bisa dicegah. Contoh selain gangguan hati, dari mata juga dapat diketahui tubuh yang sedang dalam kadar gula tinggi dan kencing manis.

"Terdapat microaneurysm atau pembuluh darah kecil retina berupa benjolan kecil," lanjutnya. Titik-titik halus berwarna merah ini akan dapat dilihat dengan jelas jika menggunakan endoskopi. 

Ia juga menjelaskan, jika sudah cukup parah, mata dapat mengalami pendarahan dan timbul nanah. Bahkan retina dapat terlepas dan penderita mengalami kebutaan.

Baca Juga: Agar Gak Perih Lagi, Ikuti 6 Tips Jitu Mengatasi Mata Kering

2. Saraf mata menegang gara-gara gawai dan layar komputer

Rona Mata Cerminkan KesehatanmuPexels/Rawpixel

Mata berubah warna juga bisa disebabkan faktor eksternal seperti mata merah dan berair karena debu dan kotoran atau alergi udara dingin yang menyebabkan mata juga menjadi merah tetapi kering.

Selain itu, terlalu lama melihat layar komputer atau gawai bisa membuat saraf mata menegang, mata memang tidak berubah warna tetapi kelopak mata akan tampak sayu dan lensa mata tidak segar.

"Apalagi jika melakukan aktivitas tersebut berjam-jam dengan paparan pendingin ruangan, ini membuat mata jadi kering hingga memerah," terang dr. Baswara.

Memang mudah untuk mengatasi mata kering karena faktor eksternal ini, yaitu hanya dengan cairan pembersih mata buatan. Namun dia mengingatkan untuk tidak menggunakannya dalam waktu sering. Sebab mata bisa secara alami dan otomatis dilembabkan oleh air mata. Kalau terus-menerus memakai pembersih mata instan bisa merusak komposisi air mata dalam tubuh. Indra penglihatan ini pun akan kering berkepanjangan.

3. Hindari stres dan istirahat cukup demi mata sehat

Rona Mata Cerminkan Kesehatanmuunsplash.com/Soroush Karimi

Istirahat cukup serta menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi dan teratur berolahraga dapat menjamin kesehatan mata Anda. Selain itu, hindari pikiran penat atau stres dengan menenangkan diri atau liburan. Karena dengan istirahat cukup dan tidak stres dapat membuat mata indah dan jernih.

“Mata indah adalah mata yang sehat, cerminan tubuh prima," tutur dia.

Pria ini menyarankan untuk rajin periksa kesehatan tubuh. Bukan hanya pada saat tubuh sedang sakit, setidaknya sekali dalam setahun melakukan medical check-up (MCU). Dengan rutin memeriksa kesehatan tubuh, maka penyakit dapat dicegah. 

Jika stres, mata tidak berfungsi dengan maksimal. Akan ada berupa cairan di bawah retina mata yang dapat membuat pandangan kabur.

"Namanya central serosa retinopati, sehingga untuk penderita ini, segera periksakan mata ke dokter. Sebab, mata yang terganggu seperti penglihatan kabur tidak selalu karena stres," ucapnya.

Kemudian kalau pola makan tak baik dan suka makan makanan cepat saji, kemungkinan kadar kolesterol akan meningkat dalam tubuh. Kolesterol tinggi ini bisa dilihat dengan adanya timbunan lemak di ujung atau belakang kelopak mata, seperti jerawat berwarna putih kekuningan.

Baca Juga: 7 Nutrisi Penting yang Kamu Butuhkan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya