Sebulan Perawatan, Klaster COVID-19 dari Wagub Kaltim Akhirnya Tuntas

Hadi Mulyadi minta publik Kaltim taat protokol kesehatan

Samarinda, IDN Times - Pungkas sudah klaster KT2 (wakil gubernur Kaltim). Semua pasien positif di kelompok ini telah sembuh dari virus corona atau COVID-19. Butuh waktu sebulan bagi klaster ini untuk bebas dari ancaman corona terhitung sejak 15 Juli 2020 lalu.

“Saya bersyukur, klaster saya dinyatakan sembuh semua. Pas hari ke-14, saya paling duluan dinyatakan sembuh,” ujar Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat dikonfirmasi pada Jumat (14/8/2020) sore.

1. Bisa sembuh dari COVID-19 selama tak ada enam penyakit komorbid

Sebulan Perawatan, Klaster COVID-19 dari Wagub Kaltim Akhirnya TuntasIlustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Kesembuhan yang dialami Hadi tak lepas dari doa publik Kaltim. Itu sebab politikus Partai Gelora ini ucapkan banyak terima kasih. Maklum saja virus ini tak bisa dianggap sepele.

“Tapi jangan khawatir dan jangan panik, selama tidak ada komorbid atau penyakit penyerta (seperti ginjal, kanker, paru-paru, jantung, hipertensi dan diabetes). Selama gak ada enam penyakit bawaan ini, Insyaallah beres,” tegasnya.

2. Klaster KT2 sempat menjangkiti 16 orang

Sebulan Perawatan, Klaster COVID-19 dari Wagub Kaltim Akhirnya TuntasIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Wajar saja jika mantan legislator DPR RI ini berkata demikian. Pasalnya dari catatan Satgas COVID-19 Kaltim, 65 kematian pasien positif di Benua Etam sebagian besar diikuti oleh penyakit penyerta. Itu sebab dirinya meminta agar warga selalu menjaga kondisi tubuh. Tingkatkan imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi, vitamin dan rutin berolahraga.

“Klaster saya kemarin sempat ada 16 orang yang positif COVID-19, tapi kalau dikira-kira sih bisa mencapai puluhan orang (bila dihitung dengan yang pernah kontak dengan Hadi Mulyadi). Tapi berkat usaha, upaya dan terus berdoa akhirnya semuanya sembuh,” ungkapnya.

Baca Juga: Positif COVID-19, Wagub Kaltim dan Istri Isolasi Diri di Rumah

3. Minta warga Kaltim taat dengan protokol kesehatan

Sebulan Perawatan, Klaster COVID-19 dari Wagub Kaltim Akhirnya TuntasIlustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Hadi Mulyadi tak menampik jika saban hari pasien positif corona di Kaltim terus bertambah. Saat ini saja akumulasinya sudah mencapai  2.227 kasus. Meski demikian dari angka itu sebanyak 1.478 pasien dinyatakan sembuh, lalu 65 di antaranya meninggal dunia. Menyisakan 684 orang dalam perawatan.

“Ingat agar selalu taat dengan protokol kesehatan. Jaga diri dan jaga sesama,” pungkasnya.

Baca Juga: 13 Hari Isolasi Mandiri, Wagub Kaltim Akhirnya Sembuh dari COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya