Sudah 60 Persen, Angka Sembuh Pasien Corona di Kaltim Terus Meningkat 

Angka kematian positif COVID-19 sudah menyebar di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Ada kabar baik. Sempat berada jauh di bawah rata-rata nasional, tingkat kesembuhan pasien virus corona atau COVID-19 di Kaltim perlahan-lahan menanjak. Dari 54 persen, kini sudah menjadi 62.3 persen.

"Mudah-mudahan angka kesembuhan ini bisa meningkat,” ujar Andi Muhammad Ishak, juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam keterangan pers hariannya pada Senin (14/9/2020) petang.

1. Angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di Kaltim perlahan-lahan menanjak

Sudah 60 Persen, Angka Sembuh Pasien Corona di Kaltim Terus Meningkat Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim/sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Kata Andi, jumlah pasien sembuh ini bisa naik lantaran pelayanan yang terus dilakukan bagi pasien yang dikarantina mandiri maupun yang mendapat perawatan di rumah sakit. Kenaikan itu memang perlahan setelah sempat 57 persen selama 3 hari, setelahnya menjadi 60 persen per 13 September 2020. Lalu meningkat lagi 2 persen pada hari ini. Hingga saat ini, ada 3.771 kasus sembuh dari total 6.049 kasus positif COVID-19 di Kaltim.

“Doakan saja jumlahnya (pasien sembuh) semakin naik,” imbuhnya.

2. Angka kematian pasien positif COVID-19 sudah menyebar di semua daerah di Kaltim

Sudah 60 Persen, Angka Sembuh Pasien Corona di Kaltim Terus Meningkat Ilustrasi pengambilan sampel swab tenggorokan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski demikian penambahan kasus positif COVID-19 masih terjadi sebanyak 123 kasus sehingga positif menanjak menjadi 6.049. Adapun penambahan kasus positif didominasi Samarinda 94 kasus kemudian diikuti 13 kasus dari Berau, 9 dari Bontang, 6 dari Kutai Timur (Kutim), dan 1 asal Penajam Paser Utara (PPU). Sementara kasus meninggal dunia, pada Senin ini bertambah lagi 2 kasus. Keduanya dari Samarinda. Membuat total kematian positif COVID-19 di Kaltim bertambah jadi 242 dengan tingkat kematian 4 persen.

“Terbanyak masih dari Balikpapan dengan 148 kasus, disusul Samarinda 58, Kukar 13, Bontang 7, Paser 6, PPU 4, Kubar dan Kutim masing-masing 2, serta Berau dan Mahakam Ulu (Mahulu) masing-masing 1,” urainya.

Baca Juga: Dua Bupati di Kaltim Terkonfirmasi Positif COVID-19 dalam Empat Hari

3. Hadapi virus corona, harus taat dengan protokol kesehatan

Sudah 60 Persen, Angka Sembuh Pasien Corona di Kaltim Terus Meningkat Ilustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dia pun berharap masyarakat tetap dengan kesungguhan mengikuti anjuran pemerintah dalam menekan sebaran COVID-19 di provinsi ini. Tetap menggunakan masker ketika beraktivitas, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan serta menjaga jarak.

"Kebersamaan kita menjadi kunci pencegahan penyebaran dan penularan virus corona ini," pungkasnya.

Baca Juga: 100 Klaster Keluarga COVID-19 Ada di Kaltim, Terbanyak dari Samarinda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya