Sudah Tiga Kali KPK OTT di Kaltim, Begini Komentar Gubernur Isran Noor

Berharap OTT Kutim jadi yang terakhir kali

Samarinda, IDN Times - Terhitung tiga kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) operasi tangkap tangan di Kalimantan Timur. Dua dari tiga aksi ini menyeret dua kepala daerah. Pertama Rita Widyasari, mantan bupati Kutai Kartanegara dan kedua ialah Bupati Kutai Timur, Ismunandar. Sementara yang ketiga melibatkan petinggi Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan Refly Tuddy Tangkere.

“Mudah-mudahan jangan lagi ada (terjadi OTT lagi di Kaltim),” kata Gubernur Kaltim Isran Noor saat dikonfirmasi pada Jumat (3/7/2020) sore.

1. Ismunandar pernah menjabat sebagai Sekkab saat Isran duduk sebagai Bupati Kutim

Sudah Tiga Kali KPK OTT di Kaltim, Begini Komentar Gubernur Isran NoorGubernur Kalimantan Timur Isran Noor memberikan keterangan tentang kunjungan Duta Besar Norwegia di Balikpapan, 23 Januari 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Sebelum menjabat sebagai kepala daerah di Kutai Timur, Ismunandar punya riwayat panjang sebagai Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil (ASN/PNS). Dimulai dari 1999-2015. Jabatan terakhirnya adalah sekretaris kabupaten (sekkab). Tatkala menjabat sebagai orang nomor satu di kalangan PNS Kutai Timur, Isran Noor adalah bupatinya persisnya periode 2011-2016. Namun belum sempat menuntaskan masa jabatannya, Isran pilih berhenti sebagai bupati. Lalu bagaimana hubungan keduanya terjalin, saat Isran bupati dan Ismunandar sebagai sekkabnya?

“Gak pernah saya jadi bupati,” canda Isran. Namun demikian sebelum beranjak, dia berpesan agar kejadian OTT ini adalah yang terakhir kali. “Mudah-mudahan ini (OTT bupati Kutim) yang terakhir lah. Saya turut prihatin.”

2. Kasus masih dikembangkan KPK

Sudah Tiga Kali KPK OTT di Kaltim, Begini Komentar Gubernur Isran Noor(Gedung KPK atau lebih dikenal sebagai gedung Merah Putih) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Terpisah, pelaksana tugas Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kutim.

"Untuk beberapa pihak yang diamankan di Jakarta, saat ini sudah berada di Gedung KPK sebanyak tujuh orang," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta pada Jumat. 

Baca Juga: Gelar OTT, KPK Dikabarkan Segel Rumah Bupati Kutai Timur  

3. Bupati Ismunandar ditangkap bersama istrinya di Jakarta

Sudah Tiga Kali KPK OTT di Kaltim, Begini Komentar Gubernur Isran NoorPlt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Total ada 15 diamankan KPK. Di Samarinda dan Kutim ada delapan orang. Sementara lainnya, tujuh orang ditangkap di Jakarta, Bupati Kutim, Ismunandar bersama istrinya, Encek Firgasih juga terjaring OTT termasuk Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutim Musyaffa.

"Masih dalam pemeriksaan tim KPK. Demikian pula mengenai jumlah barang bukti uang saat ini juga masih dihitung," tutup Ali.

Baca Juga: KPK Ciduk Bupati Kutai Timur dan Istrinya, Ini Komentar Wagub Hadi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya