Sugiono Terpilih Gantikan Siswadi sebagai Ketua DPC PDI-P Samarinda

Pelantikan ketua definitif bakal dilakukan via daring

Samarinda, IDN Times - Sepeninggal Siswadi yang wafat pada Juli 2020 lalu, kursi pimpinan DPC PDI-Perjuangan Samarinda lowong. Namun estafet kekuasaan harus tetap berlanjut. Sugiono pun terpilih gantikan posisi Siswadi. Inaugurasinya pun dilakukan online alias dalam jaringan.

“Mungkin pakai (aplikasi) Zoom,” kata Sugiono saat dikonfirmasi pada Rabu (5/8/2020) sore.

1. Pemilihan ketua DPC langsung ditangani oleh DPP PDI Perjuangan

Sugiono Terpilih Gantikan Siswadi sebagai Ketua DPC PDI-P Samarindailustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Dalam struktur kepemimpinan yang baru ini, kursi  sekretaris dipegang Achmad Sofyan sementara bendahara oleh Rini Gustiana. Penunjukkan Sugiono sebagai ketua DPC pun tetap melalui prosedur. Salah satunya fit and proper test online. Dan jauh sebelum itu DPD PDI-P Kaltim juga adakan rapat.

“Beberapa waktu lalu saya juga dipanggil di DPD (PDIP Kaltim) juga. Selain itu ada juga tujuh orang yang lain di DPRD Samarinda yang dipanggil. Yang ngetes dari pusat (DPP PDIP),” paparnya.

2. Semua organisasi politik tak akan jalan tanpa ketua definitif

Sugiono Terpilih Gantikan Siswadi sebagai Ketua DPC PDI-P SamarindaIlustrasi Surat Suara (Pemilu) (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski demikian, apakah posisi ketua DPC bakal memuluskan langkahnya menjadi ketua DPRD Samarinda sepeninggal Siswadi. Dia pun enggan menanggapi lebih jauh mengenai hal tersebut dan menegaskan semua pergerakan PDI-P saat ini menunggu pelantikan pengurus selesai serta arahan dari pusat. Baiknya bergerak seirama. Termasuk mengenai pilkada. Sebab penentuan ketua DPC merupakan salah satu syarat kelengkapan untuk pesta demokrasi serentak Desember mendatang.

“Semua organisasi tidak akan jalan tanpa ada (ketua) definitif,” imbuhnya.

Baca Juga: Pilkada Berlanjut, KPU Fokus Mengevaluasi TPS di Pelosok Samarinda

3. Tanda tangan ketua DPC sangat penting untuk pilkada nanti

Sugiono Terpilih Gantikan Siswadi sebagai Ketua DPC PDI-P SamarindaSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI-P Achmad Sofyan menyebutkan hingga saat ini pengurus DPC terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan pengurus partai yang lebih tinggi mulai dari DPD dan DPP. Utamanya berkaitan dengan mekanisme ideal pemilihan kembali ketua DPC dan ketua DPRD Samarinda mengingat satu sama lainnya berkaitan. PDI-P bakal mempercepat proses penetapan ketua DPC secara definitif.

“Karena tanda tangan dari ketua DPC diperlukan untuk penetapan bakal calon pilkada nanti, jadi saya yakin prosesnya akan berjalan cepat,” tutupnya.

Baca Juga: Kader di Kaltim Desak Polisi Ungkap Pembakar Bendera PDI Perjuangan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya