Comscore Tracker

Tabung Udara Meledak Tiba-tiba, Satu Karyawan Pencucian Mobil Tewas

Ledakan terjadi sesaat korban membuka selang tutup tabung

Samarinda, IDN Times - Warga Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda dikejutkan dengan dentuman dari tempat pencucian mobil pada Senin (10/8/2020). Usut punya usut, ledakan itu berasal dari tabung cuci salju. Satu pekerja bernama Chandra Febri (30) dilaporkan tewas dalam petaka tersebut. Bahkan lengan kanannya terputus hingga 20 meter.

“Ada orang teriak-teriak langsung saya loncat kemudian menuju lokasi kejadian. Saya lihat korban posisi tengkurap, tangan kanannya sudah tak ada,” ujar Mujadi (54) salah satu saksi kejadian.

1. Saat diangkat ke ambulans, korban masih sadarkan diri

Tabung Udara Meledak Tiba-tiba, Satu Karyawan Pencucian Mobil TewasLokasi kejadian di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kata dia, tidak ada ledakan susulan selepas peristiwa pertama. Sesaat sebelum kejadian korban hendak mencuci mobil dan tiba-tiba saja tabung itu meledak. Dia tak sempat menyelamatkan diri dari petaka tersebut.

“Saat kami angkat ke mobil ambulans, dia masih sadar,” terangnya.

2. Diduga ledakan terjadi sesaat setelah korban membuka selang tutup tabung

Tabung Udara Meledak Tiba-tiba, Satu Karyawan Pencucian Mobil TewasLokasi kejadian di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Gunung Lingai, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kapolsek Sungai Pinang, AKP Rengga Puspo Saputro mengatakan, setelah terima laporan dari warga pihaknya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP). Di lokasi kejadian, petugas mendapati korban dalam kondisi tertelungkup dengan luka di bahu sebelah kanan terlepas dari tubuh. Informasi yang dihimpun IDN Times, tabung udara ini memang menghasilkan busa sabun putih kala membersihkan kendaraan.

“Diduga ledakan terjadi sesaat korban menarik (membuka) selang tutup tabung yang terhubung dengan kompresor. Dan ketika meledak, benda itu terlempar dan mengenai bahu kanan dan dada korban,” sebutnya.

Baca Juga: Menunggak Pajak, Bapenda Beri Peringatan Empat Hotel di Samarinda

3. Polisi sebut ledakan tabung gas murni kecelakaan, namun perkara tetap diselidiki

Tabung Udara Meledak Tiba-tiba, Satu Karyawan Pencucian Mobil TewasIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Pihaknya tak bisa berbuat banyak selain membawa korban ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie. Sayangnya beberapa jam setelah kejadian nyawa korban tak dapat diselamatkan diduga kehilangan banyak darah. Warga Jalan Provinsi RT 04, Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan, ini baru sebulan bekerja di tempat pencucian tersebut. TKP pun diberi garis polisi. Dalam proses penyelidikan, tak hanya dari Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang tapi juga Tim Inafis Polresta Samarinda.

“Kami masih menunggu hasil olah TKP. Namun demikian, ini murni laka (kecelakaan) kerja. Sejumlah alat bukti kami amankan. Mulai dari tabung yang meledak, kompresor dan baju-baju korban,” tutupnya.

Baca Juga: Melawan saat Ditangkap, Duo Jambret di Samarinda Didor Polisi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya