Tahapan Pilkada Samarinda Dimulai Lagi, KPU Lantik 117 PPS Kelurahan

Semua PPS diminta bekerja sesuai amanah

Samarinda, IDN Times - Tahapan Pilkada Samarinda, Kalimantan Timur, kembali dimulai setelah terkendala pandemik virus corona atau COVID-19. Pelantikan 117 Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan jadi bukti. Agenda ini serentak di 10 kecamatan pada Senin (15/6) siang.

“Ini merupakan agenda perdana KPU Samarinda setelah ditunda karena COVID-19. Selain melantik, kami juga kembali mengaktifkan 50 panitia pemilih kecamatan (PPK),” ucap Ikhsan Hasani, komisioner KPU Samarinda yang juga ketua Divisi Teknis kepada sejumlah media usai pelantikan.

1. Tak bertugas sesuai pedoman, sanksi hukum menanti PPS

Tahapan Pilkada Samarinda Dimulai Lagi, KPU Lantik 117 PPS KelurahanMural Pilkada Serentak 2020 ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Dia menyatakan kegiatan pelantikan tersebut merupakan instruksi langsung dari KPU RI. Itu artinya tak hanya Samarinda yang melantik, daerah lain pun menunaikan hal senada. Dan paling lambat dilaksanakan hari ini, 15 Juni 2020. PPS kelurahan ini nantinya sesuai PKPU Nomor 5/2020 tentang Pilkada.

“Ketika ada panitia yang tidak menjalankan kegiatan sesuai pedoman, akan ada konsekuensi hukumnya,” terangnya.

2. Sebelum bertugas PPS kelurahan bakal dapat orientasi

Tahapan Pilkada Samarinda Dimulai Lagi, KPU Lantik 117 PPS KelurahanIkhsan Hasani, komisioner KPU Samarinsa yang juga ketua Divisi Teknis (Dok.KPU Samarinda/Istimewa)

Itu sebabnya, kata dia, sebelum bertugas 117 PPS kelurahan ini bakal jalani orientasi tugas dan bimbingan teknis. Hal tersebut ditunaikan demi memangkas potensi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Terpisah, Ketua Panwaslucam Samarinda Kota, Elvin Satria Widodo ingin pilkada dalam kondisi pandemik virus corona bisa berjalan baik.

"Kami harap teman-teman PPS bisa memaksimalkan kinerja, karena ini masih masa pandemik COVID-19," imbuhnya.

Baca Juga: Waduh, Mobil Dinas Ketua KPU Samarinda Digondol Maling!

3. Berharap PPS menunaikan tugasnya sesuai amanah

Tahapan Pilkada Samarinda Dimulai Lagi, KPU Lantik 117 PPS KelurahanSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Camat Samarinda, Anis Siswantini, yang turut hadir dalam pelantikan PPS, berharap senada. Tahapan pilkada berjalan lancar dan baik.

“Saya doakan panitia yang dilantik dapat menjalakan tugasnya sesuai amanah,” pungkasnya.

Baca Juga: Mobil Dinas Ketua KPU Samarinda Ditemukan, Pencurinya "Orang Dalam"

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya