Tiga Hari Lagi, Lima Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Dilantik Virtual

Hanya Mahakam Ulu yang dilantik tatap muka

Samarinda, IDN Times - Para kepala daerah terpilih di Kalimantan Timur (Kaltim) akan dilantik serempak tiga hari lagi tepatnya 26 Februari 2021. Terdapat enam kepala daerah yang dijadwalkan ikut dalam prosesi pelantikan secara virtual. 

Ini sesuai protokol penanggulangan pandemik COVID-19.

Hingga kini penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kaltim belum tuntas diatasi.

“Insyaallah 26 Februari 2021. Saat ini kami sambil menunggu SK (surat keputusan),” ujar Kepala Biro Humas Setprov Kaltim, Muhammad Syafranuddin saat dikonfirmasi, Selasa (23/2/2021). 

Gubernur Kaltim Isran Noor nantinya yang melantik masing-masing kepala daerah. 

1. Jaringan internet menjadi kendala Mahulu tak ikut pelantikan virtual

Tiga Hari Lagi, Lima Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Dilantik VirtualKepala Biro Humas Setprov Kaltim HM Syafranuddin (IDN Times/Yuda Almerio)

Maksud Syafranuddin adalah surat Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) tentang jadwal pelantikan kepala daerah terpilih. Pelantikan virtual dilakukan bagi lima kepala daerah; Kutai Kartanegara (Kukar), Samarinda, Paser, Berau, Kutai Timur (Kutim). 

Sedangkan hanya Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) digelar tatap muka. 

“Internet di sana (Mahulu) tak mendukung untuk virtual. Makanya kami gelar langsung, tapi tetap dengan protokol kesehatan,” terang Ivan, sapaan karibnya.

Sebagai informasi, ada sembilan daerah di Kaltim menggelar pilkada serentak. Mulai dari Samarinda, Balikpapan, Berau, Bontang, Kutim, Kukar, Kubar, Paser dan Mahulu.

Sedangkan, Penajam Paser Utara (PPU) akan melaksanakan pilkada pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Empat ASN di Kaltim Disanksi karena Melanggar Netralitas Pilkada

2. Tiga kabupaten/kota lain masih menanti purnatugas kepala daerah sebelumnya

Tiga Hari Lagi, Lima Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Dilantik VirtualSimulasi Pilkada Serentak 2020 di tengah wabah corona (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Ada tiga kabupaten/kota di Kaltim yang tidak ikut prosesi pelantikan kepala daerah yakni Balikpapan, Kutai Barat (Kubar), dan Bontang. Pelantikan kepala daerah terpilih masih menunggu berakhirnya masa jabatan pejabat lama. 

Kepala daerah Balikpapan berakhir masa jabatan 30 Mei, Kubar 19 April, dan Bontang 23 Maret 2021. 

Gubernur Isran Noor melantik kepala daerah sesuai dengan masa bakti tugasnya masing-masing.

“Pelantikan disesuaikan dengan akhir masa jabatan kepala daerah,” sebutnya.

3. Pelantikan tatap muka kepala daerah Mahulu dibatasi 25 orang saja

Tiga Hari Lagi, Lima Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Dilantik VirtualIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Pelantikan kepala daerah Mahulu akan digelar langsung di ruang Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim. Prosesi pelantikan dibatasi maksimal hanya 25 orang saja. 

Protokol kesehatan diberlakukan ketat dengan pemakaian masker, sarung tangan, dan  handsanitizer. Kursi seluruh tamu juga dibuat berjarak. 

“Peserta kami batasi 25 orang saja,” pungkasnya.

Baca Juga: Raih 102.592 Suara, Andi Harun-Rusmadi Jawara Pilkada Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya