Tiga Klaster Utama Penyumbang Kasus Positif COVID-19 di Kaltim

Satu kegiatan berpotensi menjadi klaster baru di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Hingga saat ini Dinas Kesehatan (Diskes) Kalimantan Timur masih fokus dengan tiga klaster utama untuk menelusuri penyebaran virus corona di 10 kabuapaten/kota di Kaltim.

Dua klaster berasal dari Bogor, Jawa Barat, yakni klaster antiriba dan klaster sinode sementara yang ketiga ialah klaster KPU. Ada pun saat ini Kaltim juga melacak peserta kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan yang semula direncanakan 19-22 Maret 2020, namun batal. Total peserta asal Kaltim sebanyak 1.642 orang.

"Total (positif virus corona) saat ini 21 kasus. Sebagian besar berasal dari tiga klaster, termasuk pasien positif yang baru yang berasal dari Kukar (Kutai Kartanegara), " ujar Pelaksana tugas Kepala Diskes Kaltim, Andi M Ishak dalam keterangan persnya pada Rabu (1/4) petang di gedung serba guna Diskes Kaltim, Jalan Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda Ulu.

Dari 21 kasus di Kaltim yang terlibat dengan 3 klaster tersebut berasal dari sejumlah daerah. Pertama klaster antiriba dengan 5 pasien positif, 1 diisolasi di Samarinda dan 4 dirawat di Balikpapan, lalu klaster KPU ada 2 orang positif, 1 dirawat di Kukar, lainnya di Bontang. Setelah itu ada klaster sinode dengan 3 pasien positif, 2 ditangani oleh Kukar sisanya Bontang.

"Kemudian 11 kasus lainnya, mayoritas punya riwayat perjalanan luar daerah dan negeri. Khusus 1 kasus positif yang meninggal pernah mengikuti kegiatan ijtima di Gowa," pungkasnya.

Baca Juga: Pandemi Virus Corona, Polda Kaltim Tangani Kasus Hoaks  

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya