Comscore Tracker

Tren Bersepeda Makin Diminati Warga Samarinda saat Pandemik COVID-19

Keuntungan bersepeda, tak hanya sehat fisik tapi juga jiwa

Samarinda, IDN Times - Olahraga mengayuh pedal alias bersepeda kembali digemari saat virus corona atau COVID-19 mewabah. Maklum kesehatan memang modal utama hadapi pandemik ini. Dengan fisik bugar, virus sukar mendekat.

“Selama pakai sepeda badan sehat, awalnya capai karena sudah lama gak bersepeda, tapi sekarang ketagihan terus,” ujar Maskaryadiansyah saat melintas di Jalan Mawar, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Ulu pada Selasa (30/6/2020) sore.

1. HBC Samarinda terbentuk saat pandemik COVID-19 menyerbu

Tren Bersepeda Makin Diminati Warga Samarinda saat Pandemik COVID-19Maskaryadiansyah dan sepedanya di depan pagar Islamic Centre Kaltim (Dok.IDN Times/Istimewa)

Menurutnya keuntungan bersepada ini banyak. Selain melatih jantung makin sehat, tubuh jadi bugar dan otot-otot kaki bisa terbentuk. Dari kegemaran ini pula, dia akhirnya masuk dalam komunitas sepeda. Namanya, Happy Bike Community (HBC) Samarinda. Kelompok ini juga baru terbentuk pada April 2020. Anggotanya 34 orang termasuk Yadi. Yang turut di dalamnya sebagian besar pengusaha.

“Jenis sepeda paling banyak digunakan itu MTB (mountain bike) dan folding bike (sepeda lipat),” katanya.

2. Sepeda gunung dan lipat paling banyak dimiliki, lebih terbiasa bersepeda malam

Tren Bersepeda Makin Diminati Warga Samarinda saat Pandemik COVID-19Para anggota dari pesepeda HBC Samarinda di tepian (Dok.IDN Times/Istimewa)

Harga sepeda pun bervariasi mulai dari Rp3-5 juta. Ada pula yang puluhan juta. Tapi merek dan harga bukan masalah yang penting bisa mengayuh sepeda. Jarak yang ditempuh komunitas ini juga bervariasi bergantung kesepakatan bersama. Misal dari kawasan Samarinda Ulu menuju Jembatan Mahkota II. Jarak tempuhnya bisa 13 kilometer. Biasanya ramai-ramai. Jadwalnya Kamis dan Sabtu malam.

“Pernah 20 kilometer. Tapi itu saya sendiri saja. Gara-gara ini juga berat badan saya turun dari 73 menjadi 68 kilogram,” imbuhnya.

Baca Juga: Mau Beli Mountain Bike? Cek Harga Sepeda Pivot dan Sederet Merek Ini

3. Berharap kawan-kawan di Samarinda juga ikut komunitas sepeda

Tren Bersepeda Makin Diminati Warga Samarinda saat Pandemik COVID-19Ketua HBC, Rustam (sebelah kiri) saat hadiri agenda kumpul komunitas sepeda di Taman Samarendah (Dok.IDN Times/Istimewa)

Terpisah, Ketua HBC, Rustam menyatakan dengan komunitas sepeda ini sehat bisa diraih. Tak hanya raga tapi juga jiwa. Bersepeda saat pandemik ini merupakan bekal hadapi virus corona.

“Mudahan saja banyak teman-teman yang bisa bergabung,” pungkasnya.

Baca Juga: Penjualan Sepeda di Samarinda Naik 30 Persen selama Pandemik COVID-19

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya