Comscore Tracker

Waduh! 3.771 Millennial di Samarinda Belum Punya KTP Elektronik

Disdukcapil minta perekaman KTP bisa dilakukan akhir pekan

Samarinda, IDN Times - Mengurus dokumen di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda kini jauh lebih mudah. Pasalnya organisasi perangkat daerah ini membuka layanan pada akhir pekan. Dengan kata lain pada Sabtu dan Minggu, entitas ini tetap buka.

“Layanan ini dilakukan untuk mendukung percepatan perekaman data bagi mereka sudah menginjak 17 tahun dan sudah bisa memberikan hak suara dalam pilkada serentak pada 9 Desember mendatang,” ujar Abdullah kepala Disdukcapil Samarinda saat dikonfirmasi pada Senin (16/11/2020) sore.

1. Akhir pekan dipilih karena para pelajar tak sibuk belajar

Waduh! 3.771 Millennial di Samarinda Belum Punya KTP ElektronikIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski demikian, pengurusan dokumen kependudukan pada akhir pekan nanti hanya setengah hari. Dari pukul 09.00-12.00 Wita. Dan pekan ini warga sudah bisa diberikan pelayanan perekaman. Lokasinya tentu di kantor Disdukcapil Samarinda Jalan Milono, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. Lebih lanjut diterangkannya, pemilihan akhir pekan tak lain karena menyasar kalangan millennial yang belum punya KTP elektronik.

“Jadi perekaman data bisa dilakukan pada saat weekend, karena mungkin kalau di luar hari Sabtu-Minggu mereka ini kan disibukkan dengan kegiatan belajar secara daring,” katanya.

Baca Juga: Anda Warga Kota Tepian? Ini 9 Wali Kota di Samarinda dari Masa ke Masa

2. Perekaman juga bisa dilakukan di kecamatan domisili masing-masing

Waduh! 3.771 Millennial di Samarinda Belum Punya KTP ElektronikIlustrasi e-KTP (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Abdullah menuturkan, sebenarnya saat hari kerja warga bisa saja diberikan pelayanan perekaman. Persisnya di kantor kecamatan domisili masing-masing. Waktunya sama seperti layanan akhir pekan, Senin-Kamis dari pukul 09.00-12.00 Wita, kecuali Jumat hanya menerima pengurusan dokumen dari pukul 08.00-10.00 Wita.

“Jadi saya sarankan bagi warga yang belum memiliki KTP segera melakukan perekaman,” sebutnya.

3. Sebanyak 3.771 pemilih pemula belum punya KTP elektronik

Waduh! 3.771 Millennial di Samarinda Belum Punya KTP ElektronikANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih di Samarinda, ada sekitar 5.043 daftar pemilih yang belum memiliki KTP elektronik. Jumlah tadi termasuk 3.771 pemilih pemula yang saat pesta demokrasi nanti sudah bisa memberikan hak suaranya.

“Manfaatkan jadwal yang tersedia. Baik hari kerja ataupun akhir pekan. Syaratnya cukup bawa Kartu Keluarga aja,” pungkasnya.

Baca Juga: Diresmikan BJ Habibie, Perumahan di Samarinda Ini Kerap Kali Banjir

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya