Comscore Tracker

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misterius

Hanya tersisa situs purbakalanya saja

Banyak kerajaan di nusantara zaman dahulu. Salah satunya adalah kerajaan Majapahit. Kerajaan itu menurut sejarah dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Jawa, dan hampir mempersatukan seluruh nusantara. Namun anehnya, kerajaan itu seolah hilang tanpa sebab yang jelas.

Cerita seperti itu tidak dialami oleh kerajaan Majapahit juga. Di berbagai daerah di dunia ini, terdapat pula peradaban yang menghilang tanpa jejak dan tak pernah diketahui alasan hilangnya mereka, hanya diketahui lewat situs yang mereka tinggalkan.

Bagi para arkeolog, hal itu memberikan banyak sekali tantangan misteri yang harus dikuak. Berikut ini adalah beberapa peradaban yang hilang entah ke mana dan oleh sebab apa.

1. Peradaban Indus Valley, Pakistan

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriuswhoi.edu

Alias peradaban Harappan. Peradaban meninggalkan salah satu arsitektur megah bukti adanya peradaban kuno. Melihat bangunannya, peradaban ini diperkirakan memiliki teknologi maju hingga sudah memiliki sistem sanitasi sendiri. Diperkirakan 1500 tahun sebelum masehi, tempat tersebut ditinggalkan warganya karena ada invasi suku Indo-Eropa atau perubahan iklim.

2. Kerajaan Khmer, Kamboja

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriushistoricmysteries.com

Salah satu kerajaan terkuat di Asia Tenggara. Peradabannya menyebar dari Kamboja hingga Laos, Thailand. Tidak ada catatan yang membahas tentang peradaban ini terkecuali bukti dari patung-patung yang terpahat.

Banyak teori menyelimuti hilangnya peradaban ini. Mulai dari kematian karena wabah, masalah air untuk penanaman padi hingga konflik internal antar keluarga kerajaan.

3. Anasazi, Meksiko

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriusmnn.com

Anasazi adalah nama modern untuk masyarakat Pueblo yang tinggal di area Four Corners yang ada di tenggara Amerika Serikat. Peradaban mereka muncul sekitar abad ke-12 sebelum masehi, tetapi ditinggalkan di antara abad 12 atau 13 sebelum masehi. Tidak ada yang tahu apa alasan masyarakat di sana meninggalkan tempat tinggal mereka. Diperkirakan penggundulan hutan dan kekeringan menimbulkan konflik di sana.

Baca Juga: 7 Pertempuran Epik yang Mengakhiri Nasib Sebuah Peradaban Kuno

4. Peradaban Olmec, Meksiko

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriusanton-dion.com

Ini adalah peradaban yang cukup mengerikan mengingat mereka menjalankan praktik pengorbanan manusia. Namun demikian peradaban Olmec juga diakui sebagai salah satu peradaban pertama di barat yang mengembangkan sistem penulisan, kalender hingga kompas. Peradaban Olmec ditemukan di pertengahan abad 19, tetapi peradaban ini diperkirakan sudah hadir sejak 1500 tahun sebelum masehi.

5. Kerajaan Aksumite, Etiopia

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriusegyptiangeographic.com

Peradaban ini muncul pada abad keempat sebelum masehi. Kerajaan Aksumite sendiri diperkirakan sebagai rumah Ratu Sheba. Kerajaan ini memiliki tulisan sendiri dan membuat obelisk yang megah bernama Obelisk of Axum. Obelisk ini masih berdiri hingga sekarang. Dikatakan pula ini adalah kerajaan pertama yang menganut agama Katolik.

6. Minoan, Crete

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriusbstruckin.com

Peradaban Minoan dinamakan dari mitos seorang raja, Raja Minos. Peradaban ini ditemukan di awal abad 20, namun meninggalkan banyak teka-teki.

Dalam peradaban tersebut, terdapat arsitek yang dikenal sebagai Knossos, sebuah labirin yang identik dengan legenda Mino. Tempat itu menjadi salah satu objek wisata para turis. Kejatuhan peradaban Minoan diperkirakan terjadi di 1450 sebelum masehi tanpa pernah diketahui bencana apa yang dialami oleh mereka.

7. Nabataean, Jordan

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriusfunci.org

Peradaban ini terletak di area selatan Jordan, Kanaan, dan utara Arabia. Peradaban ini muncul pada abad enam sebelum masehi. Warisan mereka tampak dari kehadiran kota Petra yang megah, yang dipahat dari batu pasir padat di gunung Jordan.

Masyarakat ini juga terkenal dengan sistem perairannya mengingat adanya bendungan yang memiliki sistem yang kompleks. Tidak ada dokumentasi tulisan yang selamat sehingga tidak diketahui alasan masyarakat Nabatean meninggalkan kota Petra.

8. Cahokia, Amerika

Ini 8 Peradaban Besar Dunia yang Hilang secara Misteriusid.pinterest.com

Tepatnya berlokasi di Illinois, sebrang Sungai Mississipi. Situs Cahokia adalah satu-satunya bukti peradaban kuno yang tersisa dari peradaban di area sungai Mississipi

Cahokia sendiri diperkirakan sebagai kota besar di zaman tersebut dengan jumlah penghuni mencapai 40 ribu orang. Cahokia meninggalkan kampung halamannya 100 tahun sebelum invasi Eropa ke Amerika utara. Diperkirakan karena isu lingkungan atau invasi itu sendiri.

Hingga kini penyebab hilangnya peradaban-peradaban masa lampau ini masih teka-teki. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Fakta Sungai Nil, Sungai Bersejarah di Peradaban Mesir Kuno

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You