Comscore Tracker

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? 

Kira-kira berapa banyak, ya?

Pernahkah kamu penasaran berapa banyak planet yang bisa mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya? Nah, gak perlu penasaran lagi, karena sebuah penelitian telah menemukan jawabannya.

Sean Raymond,  adalah seorang ahli astro-fisika dari Bordeaux, Perancis, ia memutuskan untuk menyusun tata surya buatan canggih yang disampaikan dalam sebuah post di planetplanet blog. Kamu mungkin pernah tahu soal "tata surya kompleksnya"di tahun 2014 yang berisi 60 bumi. Bagaimana detail penelitian Raymond yang kali ini? Baca selengkapnya di sini!

1. Raymond membuat model tata surya baru di mana ternyata ada 416 planet layak huni jika ukuran planet tersebut sebesar bumi

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? iflscience.com

Namun untuk trik terakhirnya, segala sesuatunya menjadi lebih baik. Ia memodelkan jumlah maksimum planet (yang bisa dihuni) yang memungkinkan mengelilingi zona bintang yang sama (di mana temperaturnya pas untuk tersedianya air). Ternyata jumlahnya mencapai 416 planet.

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? forbes.com

Pada unggahannya itu, Raymond mendiskusikan bagaimana planet-planet tersebut perlu diposisikan agar gravitasi mereka gak menimbulkan kekacauan – yang dikenal dengan nama Hill radius. Batasan jumlah dataran orbit konsentrik yang bisa dimiliki di sekitar sebuah bintang memang perlu diketahui atau sistemnya akan menjadi gak stabil.

2. Jika pusat tata surya tersebut disamakan dengan matahari kita, planetnya akan sejumlah 252 planet, jika ukuran planetnya dibuat jadi setengah bumi, maka total planetnya akan jadi 416

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? iflscience.com

Ia menemukan bahwa, secara teori, sebuah bintang yang seperti matahari bisa menyokong 42 planet dalam dataran orbit tunggal yang sama. Di sekeliling matahari kita sendiri, sebenarnya bisa ada 42 cincin yang memungkinkan sebuah planet dihuni, totalnya jadi ada 252 planet.

Jika kamu mengecilkan ukuran planet menjadi setengah dari massa bumi, kamu bisa mendapatkan 52 dalam 8 cincin, membuatnya jadi 416 planet. Raymond menyebutnya Ultimate Engineered Solar System/tata surya rekayasa kompleks.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Kamu Tewas di Luar Angkasa?

3. Sistem tata surya buatan ini gak memungkinkan terjadi secara alami, kecuali jika ada peradaban super canggih yang mampu membuatnya terjadi

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? planetplanet.net

Susah kalau sistem ini terbentuk secara alami, tetapi Raymond menyampaikan gurauan bahwa peradaban canggih yang sangat cerdas bisa membuatnya terjadi – jika, mereka punya kapabilitas membangun planet.  Wah, masih susah dibayangkan sih.

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? newscientist.com

Raymond kemudian menyampaikan ke IFLScience bahwa bagaimanapun caranya, sistem yang ia jelaskan susah terbentuk dari alam. Mungkin ketika awal dibangun memang akan stabil, tapi itu bukan hasil dari alam, melainkan teknologi sebuah peradaban di masa depan yang benar-benar canggih.

4. Total planet yang bisa mengelilingi bintang di sistem tata surya Ramond adalah 10.769 planet, jika ukurannya dibuat sebesar bulannya bumi jadi sejumlah 65.000 planet

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? iflscience.com

Kamu juga bisa membawa penelitian ini lebih jauh, dan meletakkan planet-planet di berbagai orbit lainnya di luar zona yang masih memungkinkan dihuni. Buat saja asumsi para alien bisa membuat planet-planet tersebut menjadi layak huni.

Sistem tata surya yang dirancang oleh Raymond ternyata bahkan bisa mencapai sejumlah 10.769 planet banyaknya. Kalau kamu menjadikan planet-planet tersebut seukuran bulannya bumi, kamu bahkan bisa mendapatkan 65.000 planet mengelilingi satu bintang yang sama.

Ternyata Ada Batas Jumlah Maksimum Planet di Tata Surya, Sudah Tahu? jp.pinterest.com

Apakah semua hal ini memungkinkan? Gak juga sih sebenarnya. Namun betapa menariknya untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan tentang bagaimana sistem buatan itu bekerja.

Tapi, siapa tahu mungkin akan ada ras makhluk luar angkasa canggih yang bisa memungkinkannya terjadi. Sampai saat itu tiba, kita cuma perlu menghapalkan planet-planet yang sudah masuk di dalam tata surya kita.

Baca Juga: Gambaran Ngeri Kalau Planet Venus Lebih Mirip Neraka Daripada Hunian

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You