Comscore Tracker

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kini

Kamu juga mempercayainya?

Sejumlah informasi kesehatan dan ilmiah yang beredar selama ini ternyata tidak semuanya benar. Ada mitos-mitos yang ternyata tidak ada dasar penelitiannya. Teori-teori tersebut mampu meyakinkan banyak orang, meskipun tidak disertai dengan jurnal penelitian ataupun bukti eksperimen nyata.

Ajaibnya masih ada aja lho orang yang mempercayainya. Dilansir dari berbagai sumber, seperti halnya 12 mitos ilmiah berikut yang anehnya masih dipercaya orang banyak!

1. Wortel bisa membuatmu melihat dengan tajam di malam hari

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinistylecraze.com

Wortel memang kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, tapi bukan berarti bisa membuat matamu melihat dalam gelap seperti kucing. Mitos ini dibuat agar anak-anak doyan sayur, dimulai pada masa Perang Dunia yang menyatakan bahwa para angkatan udara mampu melihat dalam gelap karena memakan wortel. Eh, tapi jangan menggunakan trik yang sama untuk membuat anak-anak mau makan sayur ya. 

2. Mengkretekkan jari-jarimu akan membuatmu terkena arthritis

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kiniwikipedia.org

Banyak penelitian dilakukan untuk mencari tahu soal mitos ini. Ternyata mitos ini gak benar. Penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang mengkretekkan jarinya maupun tidak, menunjukkan bahwa gak ada dari mereka yang terkena arthritis.

Diketahui, tidak ada hubungan langsung antara melakukannya dengan penyakit tersebut. Kecuali jika memang dihubung-hubungkan atau dicocoklogikan dengan berbagai penyebab arthritis sebenarnya ya.

3. Telur coklat lebih bagus daripada telur putih

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinihuffingtonpost.com

Apapun warna telurnya, ternyata itu hanya menggambarkan spesies ayam yang berbeda dan hanya berpengaruh pada cangkangnya. Semua telur ayam memiliki rasa dan kandungan yang sama secara identik. Bahkan ketika cangkangnya dipecahkan, uji laboratorium pun gak bisa benar-benar membedakannya. 

4. Banteng tak suka dengan warna merah

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kiniyoutube.com

Banteng gak punya ketertarikan atau kebencian sama sekali terhadap warna merah. Banteng itu kesal dengan cara matador di Spanyol menggoyang-goyangkan kainnya. Banteng diketahui juga buta warna.

Jadi, tenang saja buat kamu yang mengenakan baju merah sambil menonton aksi matador, banteng akan biasa saja selama kamu gak melakukan gerakan-gerakan yang menyebalkan. Lagian, siapa sih yang tidak kesal dengan gerakan yang mengganggu?

5. Kelelawar itu buta

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kiniawf.org

Ya, kelelawar memang memiliki kemampuan ekolokasi yang hebat untuk mengenal lingkungan sekitarnya. Namun bukan berarti mereka buta.

Mereka tetap bisa melihat (walau penglihatannya gak cukup baik), kelelawar dengan kemampuan ekolokasi sehebat itu tidak memerlukan penglihatan yang baik, apalagi saat malam hari. 

6. Monster Loch Ness

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinifavit.co

Mitos tentang Loch Ness itu berawal dari hoaks. Orang yang mengambil fotonya pertama kali menyatakan sendiri bahwa itu hoaks dan ia hanya ingin namanya (Nessie) menjadi bagian dari sesuatu yang terkenal selama-lamanya. Wow, kebohongan yang luar biasa!

Baca juga: 10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!

7. Tembok besar Tiongkok dapat terlihat dari bulan

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinitravelhdwallpapers.com

Tembok besar Tiongkok gak bisa terlihat dari bulan. Bukan hanya atmosfer bumi diselimuti oleh banyak satelit dan stasiun luar angkasa, foto yang diambil dari bulan menyatakan bahwa gak ada satu pun objek di bumi (baik alam maupun buatan manusia) yang bisa dilihat dari bulan. Yang bisa terlihat dari bulan hanya lautan dan daratan negara-negara yang membentuk benua.

8. Walt Disney dibekukan

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinidisneymagic.com

Itu tidak benar. Tubuh Walt Disney gak dibekukan, ia dikremasi ketika meninggal pada tahun 1966. Tentunya akan membuatnya sulit untuk dibekukan. Orang pertama yang dibekukan di dunia itu bernama James Bedford, yang meninggal sehari setelah kematian Walt Disney.

9. Pembagian daerah rasa pada lidah manusia

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinifavit.co

Cukup mengejutkan bagi sebagian besar kita bahwa pembagian daerah rasa pada lidah manusia selama ini salah. Faktanya pengecap rasa pada semua bagian lidah itu sama dan gak terbatas pada satu rasa di bagian lidah tertentu.

Untungnya sudah banyak sekolah yang berhenti mengajarkan ini. Saat ini peta pembagian rasa pada lidah telah digolongkan mitos dan kesalahpahaman pada keilmuan sains dunia.

10. Petir gak menyambar dua kali di tempat yang sama

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinimedium.com

Ternyata kita bisa menyiasatinya dengan memanipulasi petir untuk menyambar tempat yang sama menggunakan konduktor listrik. Namun terlepas dari itu, alam juga bisa melakukannya sendiri.

Petir menyambar mana saja terutama objek yang tinggi atau tajam vertikal. Memang jarang menyambar tempat yang sama, tapi bisa.

11. "Let them eat cake!"

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinifavit.co

Frase ini dipercayai digunakan oleh Marie-Antoinette ketika ia mendengar tentang kelaparan di Prancis, untuk menyindir para bangsawan yang biasa memakan kue. Ternyata gak ada catatan bahwa ini pernah diucapkan olehnya.

Frase ini dikeluarkan lewat autobiografi Jean Jacques Rousseau saat Marie-Antoinette masih berusia 9 tahun. Frasa itu kemudian ditanamkan pada Marie-Antoinette agar lebih berasa pesannya untuk menggambarkan kesenjangan sosial di Prancis.

12. Bangsa Viking mengenakan helm yang bertanduk

Tak Terbukti Benar, 12 Mitos Sains Ini Masih Dipercaya hingga Kinifavit.co

Kesalahpahaman ini sudah berjalan sangat lama sejak abad ke-17 dan ke-18. Kaum Viking memang dikenal dengan kebrutalannya. Banyak orang yang menggambarkan mereka dengan tulang dan tanduk untuk membuat kaum Viking terlihat lebih mengerikan dan ganas. Namun gak ada satupun bukti arkeologis yang mendukung mitos ini.

Di antara semua mitos ilmiah di atas, mana yang sempat kamu percaya atau masih kamu percaya? 

Baca juga: Jika Kamu Jawab 'Sering' pada 6 Pertanyaan Ini, Berarti Kamu Kena ADHD

Baca Juga: 10 Inovasi Canggih Zaman Dulu yang Masih Jadi Misteri secara Ilmiah

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya