Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepala

Dari mengontrol pikiran hingga membuat inangnya bunuh diri

Pernah gak sih kamu menonton SpongeBob SquarePants episode Mind Control? Saat itu, Plankton memasuki kepala SpongeBob kemudian mengambil kendali pikirannya. Benar itu hanya film kartun, namun bagaimana jika kondisi tersebut juga terjadi di dunia nyata?Tentu kamu gak menyangka itu bisa terjadi. Dan fakta ini jarang diketahui, ada sejumlah  parasit yang bisa mengontrol pikiran inangnya. Tak cukup seram, parasit ini pun bisa memaksa pemilik tubuh menjadi gila, lho. Hiii amit-amit!

Penasaran? berikut ulasan mengenai tujuh parasit yang bisa membuat kamu geleng kepala. Disimak ya!

 

1. Parasit Toxoplasma gondii bisa membuat tikus terangsang dan manusia menjadi gila

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalafrontpagemeews.com

Pernah gak kamu mendengar Toxoplasma gondii? Parasit yang satu ini adalah protozoa, biasa hidup menumpang di perut kucing. Awalnya, kucing yang terinfeksi bakal sehat-sehat saja tanpa gejala apa pun. Namun ketika parasit sudah mencapai otak, kondisi psikologis kucing bakal rusak. Dan ini bagian terseramnya, parasit ini bisa menular lewat air seni. Kondisi tersebut pernah terjadi dengan tikus. Dalam laporan LiveScience, tikus yang terinfeksi T. gondii tergila-gila dengan urine kucing. Mereka juga akan terangsang ketika mencium bau kucing. 

Apakah bisa menular ke manusia?

Bisa, seperti dilansir dari European Journal of Microbiology and Immunology  terbitan 2016, disebutkan bilaT. gondii bisa menyebar ke manusia. Mereka yang terinfeksi akan mengalami skizofrenia, depresi, autisme, bipolar hingga kecenderungan bunuh diri. 

2. Pesan kematian dari ameba gila

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalanpr.org

Naegleria fowleri dijuluki sebagai ameba gila atau amoeba of madness. Julukan itu bukan tanpa alasan. Benalu ini dikenal bisa merusak sistem saraf sehingga memengaruhi pikiran inangnya, tak terkecuali manusia. 

Ketika masuk di tempurung kepala, N. fowleri akan memakan sel-sel otak dengan perlahan. Orang yang terinfeksi bakal berbeda. Mulai dari sikap mulai dari kebingungan, sulit fokus,  depresi hingga halusinasi. Jika tidak segera ditangani, pasien akan meninggal dunia. Seram, bukan? Agar tak terjangkit, sebisa mungkin hindari minum air tidak dimasak atau yang berasal dari sungai, kolam dan perairan lainnya.

3. Parasit horsehair worm bisa menyusup lewat minuman kemudian mengontrol pikiran inangnya

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalagoogleusercontent.com

Seperti yang disebut diawal, ada parasit yang bisa mengontrol pikiran inangnya. Namanya horsehair worm atau cacing rambut kuda. Cacing jenis ini mampu mengontrol pikiran para serangga, sasaran empuknya. Biasanya, serangga yang menjadi inang parasit ini adalah jangkrik, nyamuk, lalat dan belalang. 

Layaknya film-film, awalnya, parasit horsehair worm akan bertubuh sangat kecil. Mereka akan masuk ke tubuh inang melalui makanan atau air. Cacing kemudian terus tumbuh di dalam perut hingga akhirnya memanipulasi sistem saraf sang inang.

Lazimnya serangga tidak bisa berenang, namun saat parasit membutuhkan air untuk tumbuh kembangnya, maka parasit ini pun akan mengontrol sang inang untuk melompat ke dalam air dan menenggelamkan diri. Saat itu terjadi, horsehair worm akan keluar dan bereproduksi. Seram banget!

Baca Juga: 9 Hewan Ini Mampu Hidup Selamanya, Bisa Gak Mati sampai Kiamat

4. Sacculina bisa membuat inangnya menjadi betina

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalaalchetron.com

Bila kamu berpikir horsehair worm tidak cukup bikin bulu romamu berdiri, coba kenalan dulu dengan teritip Sacculina! Parasit ini biasanya menyerang kepiting. Untuk masuk ke dalam tubuh inangnya, parasit ini lebih dahulu keluar dari cangkang. Setelah itu, teritip bakal menjadikan kepiting sebagai ‘kendaraannya’ untuk reproduksi, seperti dikutip dariBBC.com. Jika kepiting itu betina, maka Sacculina akan memaksanya untuk merawat larva-larva seperti anaknya sendiri. Sedangkan jika kepiting tersebut jantan, si parasit akan mengubahnya menjadi betina untuk melakukan hal yang sama. 

5. Ternyata ini alasan virus flu cepat menyebar

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalaracgp.org.au

Iya, flu, penyakit yang biasa kamu alami itu ternyata bisa memengaruhi pikiran juga lho! Pada 2010 lalu, studi Binghamton University di New York, Amerika Serikat menemukan fakta jika virus flu dapat membuat inangnya lebih sociable atau ramah. Dalam kurun 48 jam setelah virus masuk ke tubuh, didapati bahwa penderita flu berinteraksi dengan lebih banyak orang dan kelompok besar. Bahkan orang-orang itu terdorong untuk pergi ke tempat ramai. Apakah alasannya? 

Menurut asumsi peneliti, pengaruh ini terjadi karena virus ingin menginfeksi lebih banyak orang. Itulah alasan mendorong inangnya agar keluar rumah. Apakah kamu merasakan hal sama?

6. Parasit ophiocordyceps unilateralis membuat inangnya menjadi zombie kemudian bunuh diri

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalawikimedia.org

Parasit yang satu ini akan menumpang, membunuh, dan menginjak-injak inangnya, secara harfiah. Ophiocordyceps unilateralis merupakan spesies jamur parasit yang membutuhkan hewan lain untuk bisa hidup dan berkembang. Inang favoritnya adalah semut Camponotus leonardi.  Bagaimana ia melancarkan aksinya? Saat masih berbentuk spora, jamur tersebut masuk ke dalam tubuh semut kemudian mengontrolnya secara penuh. Semut pun akan menjadi seperti zombie. Ketika jamur sudah di tahap akhir pertumbuhan, mereka akan mengontrol inang agar naik ke atas pohon dan bunuh diri. Dari situ, jamur akan tumbuh di atas jasad sang semut.

7. Ancaman kematian 100 persen dari virus rabies

Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepalamedicalnewstoday.com

Rabies disebabkan oleh virus yang benar-benar berbahaya. Virus ini biasa ditemukan di dalam tubuh anjing, musang, rakun, kelelawar, dan lain-lain. Melalui perantara hewan tersebut, virus bisa menginfeksi manusia. Dilansir dari Discover Magazine, virus ini tidak menghancurkan semua bagian otak, melainkan menyerang serotonin, GABA, dan endogenous opioid.  Persisnya, virus ini mengubah otak kita untuk menyerang diri sendiri. 

Pasien rabies akan mengalami kebingungan yang luar biasa, halusinasi, dan merasa terancam tanpa alasan. Tidak hanya itu saja, penyakit ini juga memiliki tingkat kematian hampir 100 persen. Jadi siapa pun yang terserang akan meninggal karenanya.

Seram juga, ya, parasit-parasit ini! Jangan sampai kamu bertemu dan terinfeksi dengan mereka, ya. Sebisa mungkin jauhi kontak dengan hal-hal yang meningkatkan risiko infeksi. Misalnya dengan menjauhi hewan yang menjadi inang, selalu jaga kebersihan dan tidak makan minum sembarangan. 

Baca Juga: Ini 7 Hewan yang Pernah Membawa Virus Mematikan, Termasuk Corona

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya