Spesies Manusia Purba Baru, 9 Fakta Menarik Homo luzonensis

Ciri fisiknya kombinasi antara manusia purba dan modern

Baru-baru ini, dunia sains kembali dikejutkan oleh penemuan sisa tulang-belulang manusia di Gua Callao, Filipina. Arkeolog menyimpulkan bahwa tulang-tulang tersebut merupakan sisa rangka manusia yang telah punah sejak puluhan ribu tahun yang lalu.

Berbagai bukti menunjukkan bahwa temuan tersebut tidak dapat diklasifikasikan sebagai spesies manusia purba manapun, sehingga dapat dikategorikan sebagai spesies baru yang kemudian dikenal sebagai Homo luzonensis. Berikut IDN Times sajikan beberapa fakta menariknya untuk kamu.

1. Ditemukan oleh arkeolog Filipina

Spesies Manusia Purba Baru, 9 Fakta Menarik Homo luzonensisfoxnews.com

Penggalian yang dilakukan di Gua Callao, wilayah utara Pulau Luzon, Filipina, diprakarsai oleh seorang arkeolog asal Filipina, Armand Salvador Mijares.

Pada tahun 2007, dia bersama rekannya berhasil menemukan sebuah fragmen tulang jari kaki manusia yang diperkirakan hidup sekitar 67.000 tahun yang lalu. Proses ekskavasi kembali dilakukan hingga 12 tulang dan gigi lainnya kembali ditemukan pada situs yang sama.

2. Terdiri atas 13 tulang dan gigi

Spesies Manusia Purba Baru, 9 Fakta Menarik Homo luzonensisapnews.com

Berdasarkan hasil temuan berupa 7 buah gigi, 2 tulang jari tangan, 3 tulang jari kaki, dan tulang paha, peneliti berhasil mengidentifikasi bahwa fragmen tulang tersebut berasal dari setidaknya tiga individu berbeda. Konstruksi tubuhnya diperkirakan kecil dan pendek.

3. Tulang jari kaki melengkung

Spesies Manusia Purba Baru, 9 Fakta Menarik Homo luzonensisnature.com

Tinggi badan Homo luzonensis belum dapat ditentukan secara pasti. Namun bentuk jari kakinya yang melengkung menunjukkan bahwa spesies tersebut memiliki kemampuan memanjat yang cukup baik.

Sedangkan upaya analisis melalui DNA gagal dilakukan karena iklim Asia Tenggara yang hangat dan lembap menyebabkan materi genetik lebih cepat membusuk.