Comscore Tracker

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam 

Diprediksi, kini jumlahnya tak lebih dari 100 ekor

Anda warga Kaltim. Informasi kali ini setidaknya perlu anda tahu.

Yakni, terkait dengan salah satu spesien ikan lumba-lumba yang ada di Kaltim.

Lumba-lumba tidak hanya hidup di laut atau di perairan asin. Faktanya, ada lumba-lumba yang hidup di air tawar, lho!

Salah satunya adalah pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) yang bisa ditemukan di perairan Sungai Mahakam, sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Makassar.

Namun, pesut Mahakam kini terancam punah. Bahkan, diprediksi jumlahnya sekarang hanya tinggal 80 ekor saja! Apa saja fakta-fakta menarik seputar pesut Mahakam? Langsung simak aja ya. 

1. Lumba-lumba ini ditemukan di perairan Sungai Mahakam

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam indonesia.go.id

Habitat pesut Mahakam bisa ditebak dengan mudah dari namanya. Yep, lumba-lumba air tawar ini hidup di perairan Sungai Mahakam, sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Makassar. Di Indonesia, kamu bisa menemukan pesut ini di muara-muara sungai di Kalimantan, meski kemunculannya semakin berkurang.

Bukan hanya di Sungai Mahakam, pesut ini bisa ditemukan di perairan Danau Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Danau Semayang, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Danau Melintang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jadi, jika ingin melihat pesut Mahakam, bisa langsung menuju ke tempat-tempat tersebut, ya!

2. Selain itu, ditemukan pula di Kamboja dan Myanmar

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam worldwildlife.org

Di luar negeri, pesut Mahakam disebut juga dengan Irrawaddy dolphin. Persebaran pesut ini bukan hanya di Indonesia, tetapi juga negara tetangga seperti Kamboja dan Myanmar.

Lumba-lumba ini bisa ditemukan di daerah pantai di Asia Selatan dan Tenggara. Khususnya, di Sungai Ayeyarwady (Myanmar) dan Sungai Mekong di Kamboja dan Laos.

Kerabat terdekat pesut Mahakam adalah pesut Australia (Orcaella heinsohni). Lumba-lumba ini ditemukan di lepas pesisir utara Australia.

Perbedaannya, pesut Mahakam memiliki dua warna, sementara pesut Australia memiliki tiga warna kulit. Selain itu, bentuk tengkorak dan sirip kedua spesies ini juga berbeda. 

3. Pesut Mahakam bisa hidup hingga 28 tahun

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam archive.4plebs.org

Pesut Mahakam adalah karnivora yang memakan ikan, moluska dan hewan krustasea. Hewan ini memiliki umur yang cukup panjang, yakni dapat hidup hingga usia 28 tahun. Bahkan, ada pula yang sanggup hidup hingga usia 30 tahun!

Penyebab kematian pesut Mahakam paling umum adalah terperangkap di jaring ikan. Ketika terperangkap, ia akan kehabisan oksigen dan mati di tempat.

Pesut yang terjerat mengalami asphixiation (kekurangan oksigen). Padahal, biasanya pesut muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen.

4. Apa saja ciri-ciri fisiknya?

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam mongabay.com

Kamu bisa membedakan pesut Mahakam dan spesies pesut lain lewat identifikasi ciri-ciri fisiknya. Bentuk kepala pesut Mahakam bulat seperti umbi serta mempunyai mata yang kecil.

Peneliti mengatakan bahwa ini adalah bentuk adaptasinya terhadap air yang berlumpur. Warnanya abu-abu, bervariasi antara muda sampai tua.

Tubuhnya polos tanpa motif khas, sementara sirip punggungnya kecil dan membundar di belakang pertengahan punggung. Sirip dadanya lebar dan membulat, lalu dahinya bundar serta tak memiliki moncong seperti lumba-lumba lainnya. Panjangnya berkisar antara 1,5 - 2,8 meter dan punya berat badan antara 114 kg sampai 133 kg, menurut Animal Diversity. 

Baca Juga: Ini Fakta Ilmiah Soal Hewan Kurban Menangis saat Disembelih

5. Bayi pesut Mahakam yang baru lahir memiliki berat 12,3 kg

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam zoochat.com

Rentang waktu Desember sampai Juni adalah musim kawin pesut Mahakam.

Di waktu-waktu ini, pesut jantan akan bersaing dengan pejantan lainnya untuk betina. Lalu, pesut betina akan mengalami periode kehamilan antara 9-14 bulan. Jumlah anak yang dilahirkan hanya satu dalam setiap periode. Sedikit, ya? Padahal, periode kehamilannya hanya setiap 3 tahun sekali.

Organ reproduksi pesut Mahakam akan matang pada kisaran usia 3-6 tahun. Ketika lahir, anakan pesut memiliki panjang 96 cm dan berat badan 12,3 kg. Dalam periode tujuh bulan pertama, anakan pesut akan mengalami pertambahan panjang 59 persen dan bertambah berat hingga 266 persen, ungkap laman Animal Diversity. 

6. Spesies yang tinggal berkelompok dan tergolong cerdas

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam greedypeg.org

Tak berbeda dengan spesies lumba-lumba lain, pesut Mahakam juga tinggal berkelompok. Satu kelompok berisi antara 3-6 pesut.

Hidup berkelompok, pesut ini juga bersosialisasi dengan kelompok lainnya. Sama halnya dengan lumba-lumba lain, pesut Mahakam juga tergolong sebagai hewan yang cerdas.

Karena hidup berkelompok, tak jarang kita bisa menyaksikan banyak pesut sekaligus yang berenang bersamaan. Ini dimanfaatkan sebagai potensi wisata untuk menarik turis.

Nah, saat anda sedang berada di Samarinda, kita bisa berwisata dengan kapal wisata yang tersedia. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan pesut di permukaan sungai!

7. Sedih, kini jumlahnya diperkirakan tinggal 80 ekor di Indonesia

Warga Kaltim Perlu Tahu Nih! Simak 7 Fakta Pesut Mahakam instagram/mamalia_pesut

Kabar sedihnya, pesut Mahakam kini diperkirakan tinggal 80 ekor di Indonesia. Sementara, di negara-negara tetangga, jumlahnya pun tak jauh berbeda.

Di Sungai Mekong, diperkirakan tinggal 78-91 pesut yang tersisa, ungkap laman Wilderness ClassroomThat's why, pesut Mahakam dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah.

Pesut Mahakam tak mempunyai predator alami di habitatnya. Justru, manusia adalah pihak yang bertanggung jawab atas kematian pesut Mahakam.

Biasanya, pesut akan mati akibat terjerat jaring atau terkena efek dari penangkapan ikan dengan menggunakan dinamit. Duh, sedih banget ya?

Nah, itulah 7 fakta menarik seputar pesut Mahakam, lumba-lumba air tawar yang terancam punah. Mari bekerja sama untuk mencegah kepunahan pesut Mahakam, yuk. Kita tak ingin mereka punah, kan? 

Baca Juga: 5 Fenomena Alam Ini Dahulu Kala Disangka Terjadi Karena Kekuatan Sihir

Baca Juga: 10 Pulau Terpadat di Dunia, Lebih Padat dari Jawa

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya