Comscore Tracker

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologi

Mimpi apa tadi malam?

Apakah kamu sering bermimpi? Mungkin mimpi membuatmu sampai terjaga tengah malam dan tak habis berpikir mengenai apa makna mimpi tersebut. Ada banyak mitos terkait arti mimpi. Bahkan ada primbon dan ulasan secara agama terkait mimpi.  

Dalam dunia sains sendiri, terdapat berbagai teori yang menjelaskan makna mimpi dengan berbagai pendekatan yang berbeda-beda. Dilansir dari ABC, salah satu ahli neurologi ternama, Sigmund Freud, berteori bahwa mimpi menyimpan pesan yang tersembunyi di balik alam bawah sadar manusia.

Beberapa penelitian di era 1980an menganggap bahwa mimpi tak lain sebuah proses yang terjadi di otak untuk “membersihkan” memori-memori yang tidak diperlukan. Sementara itu, berbanding terbalik dari teori sebelumnya, penelitian lain justru beranggapan bahwa mimpi membantu proses daya ingat dan pembelajaran di otak.

Namun, di luar itu semua, ada juga beberapa ahli psikologi dan pengamat mimpi seperti Ian Wallace dan Russell Grant yang yakin bahwa mimpi merupakan simbolisasi dari peristiwa tertentu yang kita alami. Berarti, mimpi yang berbeda juga menyimpan makna yang berbeda.

Jadi seperti apa arti mimpi secara ilmiah, yuk lihat di bawah ini.

1. Gigi tanggal

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologimd-health.com

Mitos yang paling umum beredar terkait mimpi ini adalah bahwa itu merupakan pertanda akan ada seseorang yang meninggal. Namun, menurut para ahli ternyata punya interpretasi yang berbeda terkait makna dari mimpi ini.

Dilansir dari Mental Floss, Wallace menilai bahwa mimpi ini memiliki arti bahwa seseorang yang mengimpikannya sedang mengalami sesuatu yang membuat dia kehilangan rasa percaya diri. Sementara menurut Grant mimpi gigi copot menandakan pertanda buruk karena mewakili sebuah hubungan yang terputus.

2. Menaiki kendaraan yang sulit dikendalikan

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologigiphy.com

Mungkin di antara kamu ada yang pernah mimpi sedang mengemudikan kendaraan namun kendaraan tersebut tidak dapat dihentikan dan membuatmu panik? Dilansir dari Business Insider, mimpi ini diartikan Wallace sebagai sebuah kesulitan dalam menjaga konsistensi atau memegang kendali terhadap sesuatu. Jika kamu mengalami mimpi ini sebaiknya kamu supaya lebih tenang dan mengikuti instingmu dalam meraih sesuatu.

3. Terjatuh

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologigiphy.com

Menurut Wallace, mimpi ini menandakan bahwa kamu sedang terlalu serius dan menaruh terlalu banyak perhatian terhadap suatu hal. Jadi, disarankan supaya kamu bisa lebih rileks dan santai. Sedangkan menurut Lauri Loewenberg, mimpi terjatuh umumnya dialami oleh mereka yang sedang dalam tekanan atau masalah sehingga secara gak langsung mempengaruhi alam bawah sadar untuk terus waspada.

4. Terbang

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologiquitecurious.com

Wallace mengartikan mimpi ini sebagai suatu keberhasilan. Jika kamu mengalami mimpi ini, bisa saja kamu sehabis menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dan sukses melaluinya tanpa kamu sadari.

Baca Juga: 9 Kesalahan Sains yang Sering Diulang-ulang dalam Film, Bikin Jengah

5. Telanjang di tempat umum

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologinetmums.com

Salah satu mimpi yang bisa bikin orang merasa malu banget. Beberapa ilmuwan sepakat mengartikan mimpi ini sebagai gambaran rasa gugup yang lagi kamu alami. Hasil penelitian Wallace juga menunjukkan bahwa rata-rata orang yang mengalami mimpi ini baru saja memperoleh pekerjaan, naik jabatan, atau akan berhadapan dengan banyak orang yang bikin mereka gugup.

6. Sekarat atau meninggal

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologipixabay.com

Ternyata, mimpi ini punya makna yang gak seseram yang kamu kira kok. Menurut Grant, mimpi ini secara gak langsung menyimpan pesan bahwa kamu akan menghadapi awal yang baru dalam suatu situasi. Sementara menurut Lauren Lawrence, mimpi menerjemahkan keinginan terpendammu untuk lepas dari suatu keadaan, bisa berupa hubungan asmara, pekerjaan, atu yang lainnya.

7. Dikejar

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologigiphy.com

Dilansir dari laman Independent, mimpi ini diartikan oleh Wallace sebagai suatu masalah atau rintangan yang dialami seseorang namun orang tersebut tidak tahu cara menghadapinya. Jika kamu mengalaminya, disarankan untuk gak ragu menghadapinya karena bisa saja hal tersebut memberikan peluang untuk membantumu mengejar ambisimu.

8. Pasanganmu selingkuh

Bukan Primbon, 8 Makna Mimpi Paling Umum Menurut Ahli Psikologipexels.com

Mimpi seperti ini bukan menjadi pertanda pasanganmu tidak setia. Menurut Loewenberg dan Lawrence, jika kamu mengalami mimpi semacam ini, bisa saja karena kamu dan pasanganmu kurang menghabiskan banyak waktu bersama. Bisa juga karena hubungan kalian tidak memiliki rasa percaya yang kuat terhadap satu sama lain.

Itulah beberapa arti mimpi yang paling umum berdasarkan kata ahli psikologi. Cocok artinya menurutmu?

Baca Juga: 9 Cara Praktis Mengatasi Tindihan Agar Tak Menyiksa Tidurmu Lagi!

Baca Juga: 5 Mimpi Tanda Kamu akan Dapat Kabar Baik, Pernah Alami?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya