Comscore Tracker

Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Kenali Tanda-tanda Ini

Kucing dikenal sebagai hewan yang punya kekuatan mistis

Kucing sejak dahulu kala dikenal sebagai binatang yang punya kekuatan mistis. Apakah kamu pernah memergoki kucingmu mengejar sesuatu yang tak terlihat, atau mengeong ke arah kosong? 

Setelah melihat tingkah aneh tersebut, pikiran negatif pun menghampirimu. Jangan-jangan kucing itu melihat hantu? Hiii, merinding!

Walaupun begitu, hal ini sering terjadi pada para pemilik kucing sehingga kamu tak sendiri. Di tahun 2017, sempat viral cuitan dari @moby_dickhead (Adam Ellis) yang mengaku rumahnya dihantui. Kucing-kucing yang dipeliharanya tampak selalu mengintip ke luar pintu kamar di malam hari. Hal ini semakin membuatnya yakin bahwa ada "sesuatu" di balik sana.

Namun apakah benar kucing bisa melihat hantu? Ataukah ini hanya kekhawatiran kita semata? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan berikut ini!

1. Kucing diyakini bisa berkomunikasi dengan roh

Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Kenali Tanda-tanda IniPixabay.com/skorchanov

Sejak zaman dahulu, kucing sering dilekatkan dengan hal-hal yang bersifat gaib. Contohnya saja di kalangan masyarakat Mesir Kuno. Di sana, kucing sangat dihargai dan dianggap hewan yang sakral. 

Tak ada siapa pun yang boleh membunuh kucing. Bahkan ketika hewan tersebut mati, keluarga yang memeliharanya diwajibkan untuk mencukur alis sebagai bentuk bela sungkawa. 

Alasan kenapa kucing begitu dipuja lantaran masyarakat percaya bahwa hewan tersebut merupakan perantara manusia dengan roh. Kucing diyakini bisa melihat dan bahkan berkomunikasi dengan makhluk halus. 

2. Kucing memiliki pendengaran yang tajam

Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Kenali Tanda-tanda Inihumanesociety.org

Beranjak dari mitologi, sekarang mari kita lihat fenomena ini dari sisi ilmiah. Hal pertama yang perlu kita ketahui tentang kucing adalah mereka memiliki indra yang jauh lebih tajam daripada manusia. Khususnya dalam hal pendengaran. 

Pertama, manusia hanya bisa mendengar suara hingga 20 ribu hertz, sedangkan kucing mampu mendengar hingga 65 ribu hertz. Kemampuan tersebut membuat kucing bisa mengetahui seperti apa bunyi dari aliran listrik di rumah kita. 

Ketajaman telinganya membuat kucing sering meloncat kaget karena suara yang mungkin tak kita dengar. Baik karena tikus yang berjarak 10 meter darinya atau suara makhluk halus.

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 10 Gunung yang Dikenal Angker di Pulau Kalimantan

3. Kucing bisa melihat hal-hal yang tak terlihat oleh manusia

Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Kenali Tanda-tanda IniPixabay.com/skeeze

Tak hanya pendengaran, mata kucing juga sangat tajam. Kucing memiliki sel pendeteksi cahaya yang berjumlah delapan kali lipat manusia. Ini berarti bahwa kucing mampu melihat bahkan di kondisi yang sangat gelap sekalipun. Mereka juga memiliki penglihatan yang begitu presisi.

Dilansir Katzen World, kucing bisa mendeteksi objek dalam jangkauan 200 derajat, 20 kali lipat daripada manusia. Itulah kenapa kucing bisa menerjang mangsa dengan akurat. 

Studi tahun 2014 dari City University London, Inggris mendapatkan bukti bahwa kucing mampu melihat sinar ultraviolet, sinar yang diblokir oleh lensa mata manusia. 

Memiliki kemampuan tersebut berarti kucing bisa melihat warna dengan lebih sensitif, membedakan tekstur, hingga mendeteksi adanya makhluk lain di sekitar mereka. Misalnya serangga, tikus, dan benda lain yang memantulkan cahaya ultraviolet. 

4. Apakah kucing benar-benar bisa melihat hantu?

Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Kenali Tanda-tanda Ininxedge.io

Hingga saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan apakah kucing bisa melihat hantu atau tidak. Namun dengan memiliki kemampuan di atas, tak menutup kemungkinan bahwa kucing bisa merasakan kehadiran "makhluk" lain di sekitarnya. 

Terlebih kita tidak tahu pasti apa yang bisa mereka lihat melalui penglihatan ultraviolet kucing. Kita juga tak bisa membayangkan suara sedetail apa yang mereka dengar dengan telinga supernya. Satu yang pasti adalah indra kucing memang jauh lebih sensitif daripada manusia. 

Dilansir The Dodo, dokter hewan dari New York, Dr. Rachel Barrack mengatakan bahwa hal ini semakin didukung dengan sifat alami kucing yang penuh rasa ingin tahu. Inilah yang membedakan kucing dengan anjing atau hewan lain dengan indra yang setara dengannya. Tak heran karena penasaran, kucing sering terlihat mengejar sesuatu yang bahkan tak kamu lihat.

5. Ini tanda-tanda kalau kucingmu bisa melihat hantu!

Apakah Kucing Bisa Melihat Hantu? Kenali Tanda-tanda Inithemindunleashed.com

Walaupun kita tidak tahu pasti apakah kucing bisa melihat hantu atau tidak, ada beberapa tanda yang mungkin diperlihatkannya ketika mereka merasakan kehadiran "makhluk" lain. Berikut ini di antaranya:

  • Bulunya tiba-tiba tegak tanpa alasan yang jelas, ini mengindikasikan bahwa mereka terkejut;
  • Terlihat gelisah, bersembunyi di belakangmu, atau bahkan ingin melindungimu dari sesuatu.
  • Kucing melihat ke arah yang kosong dalam waktu lama;
  • Mengeong, mendesis, atau menggeram ke arah yang kosong;
  • Matanya bergerak seperti mengikuti sesuatu di depannya;

Meskipun belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tetapi kemampuan kucing bisa saja membuatnya mampu melihat dan merasakan kehadiran hantu atau makhluk astral. Kamu pernah punya pengalaman seperti ini dengan kucingmu?

Baca Juga: 10 Potret Kucing Berwajah Melas, Kasihan Tapi Bikin Ketawa!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya