5 Negara yang Jadi Lawan Pertama Argentina dalam Pesta Dunia

Arab Saudi kejutkan Argentina di Piala Dunia 2022

Balikpapan, IDN Times - Argentina secara mengejutkan kalah dari Arab Saudi dalam ajang Pesta Dunia 2022 di Qatar skor akhir 1-2, Selasa (22/11/2022). Tim Padang Pasir tidak disangka, tampil tangguh di sektor belakang sekaligus tajam di lini serang. 

Kekalahan ini membuat makin berat langkah Tim Tango lolos dari Grup C bersama Meksiko, Polandia, dan Arab Saudi. Pasalnya, bukan perkara mudah untuk mengalahkan Meksiko dan Polandia agar bisa memuncaki Grup C turnamen dunia ini.  

Argentina sendiri menjadi langganan Pesta Dunia serta memenangkannya pada 1978 dan 1986. Sebelum bertemu Arab Saudi, Argentina telah bertemu beberapa negara di laga perdana Pesta Dunia dan tidak pernah kalah menjalani laga pertama. 

Siapa saja tim itu? 

1. Pantai Gading jadi lawan pertama Argentina di Piala Dunia 2006

5 Negara yang Jadi Lawan Pertama Argentina dalam Pesta DuniaArgentina melawan Pantai Gading (twitter.com/FIFAWorldCup)

Salah satu negara yang pernah menjadi lawan pertama Timnas Argentina ada Pantai Gading. Negara asal Afrika tersebut menjadi lawan Argentina di Pesta Dunia 2006. Saat itu, kedua negara tersebut bersaing di Grup C, bersama Belanda dan Serbia Montenegro.

Pada laga yang digelar pada 11 Juni 2006 itu, La Albiceleste berhasil menang dengan skor 2-1. Dua gol Argentina dicetak Hernan Crespo dan Javier Saviola. Sementara di kubu lawan, Didier Drogba menjadi satu-satunya pencetak gol.

Argentina berhasil melaju hingga babak perempat final pada Pesta Dunia yang digelar di Jerman tersebut. Tim tuan rumah menjadi negara yang menyingkirkan Tim Tango melalui babak adu penalti.

Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

2. Nigeria tak berdaya menghadapi Argentina di laga perdana Pesta Dunia 2010

5 Negara yang Jadi Lawan Pertama Argentina dalam Pesta DuniaArgentina menghadapi Nigeria (fifa.com)

Pada Pesta Dunia 2010, Argentina tergabung di grup yang relatif mudah. Saat itu mereka berada di Grup B bersama Yunani, Korea Selatan, dan Nigeria. Di laga perdana, Nigeria menjadi tim yang harus dihadapi Argentina.

Dalam laga yang digelar pada 12 Juni 2010, La Albiceleste berhasil menang dengan skor 1-0. Satu gol Argentina di laga ini dicetak Gabriel Heinze pada menit ke-5. Gol cepat itu tak mampu dibalas Nigeria hingga akhir laga.

Hasil positif di laga perdana membuat skuad Tim Tango semakin percaya diri. Di dua laga sisa, mereka juga menang melawan Yunani dan Korea Selatan. Langkah Argentina di Piala Dunia 2010 terhenti oleh Jerman di babak perempat final.

3. Bosnia Herzegovina masih terlalu mudah bagi Argentina di Pesta Dunia 2014

5 Negara yang Jadi Lawan Pertama Argentina dalam Pesta DuniaArgentina melawan Bosnia Herzegovina (fifa.com)

Pada Pesta Dunia delapan tahun lalu, Argentina tampil trengginas dengan mengandalkan Lionel Messi. Mereka mengawali perjalanan di Grup F, Tim Tango bersaing dengan Bosnia Herzegovina, Nigeria, dan Iran.

Pada Pesta Dunia yang digelar di Brasil itu, Argentina menghadapi Bosnia Herzegovina di laga perdana. La Albiceleste yang lebih diunggulkan berhasil menang dengan skor 2-1. Messi menjadi salah satu pencetak gol dalam laga yang digelar pada 16 Juni 2014 itu. 

Kemenangan itu menjadi modal berharga Argentina untuk lolos ke babak gugur. Pada Pesta Dunia edisi ke-20 itu, Argentina melaju hingga babak final sebelum akhirnya ditaklukkan Jerman.

4. Islandia berhasil menahan imbang Argentina di Pesta Dunia 2018

5 Negara yang Jadi Lawan Pertama Argentina dalam Pesta DuniaArgentina menghadapi Islandia (fifa.com)

Empat tahun berselang, giliran Islandia yang menjajal Argentina di laga perdana Pesta Dunia 2018. Islandia sendiri tak ikut serta dalam gelaran Pesta Dunia 2022. Pada Pesta Dunia 2018, Argentina dan Islandia bersaing di Grup D.

Dua negara lainnya yang juga satu grup ada Kroasia dan Nigeria. Pada laga perdana yang digelar 16 Juni 2018, Argentina harus puas bermain imbang 1-1. Gol Sergio Aguero berhasil dibalas dengan cepat oleh Alfred Finnbogason.

La Albiceleste lolos ke babak gugur dengan status runner-up di bawah Kroasia. Mereka pun langsung tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan Prancis.

5. Arab Saudi kejutkan Argentina di laga perdana Pesta Dunia 2022

5 Negara yang Jadi Lawan Pertama Argentina dalam Pesta DuniaArgentina melawan Arab Saudi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Negara terbaru yang menjadi lawan pertama Argentina di Pesta Dunia adalah Arab Saudi. Negara Asia ini sukses mengejutkan anak asuh Lionel Scaloni. Menurunkan pemain terbaiknya, Argentina justru takluk dengan skor 1-2.

Lionel Messi sempat membawa Argentina unggul cepat di menit ke-6 melalui titik putih. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, Arab Saudi membuat kejutan dengan berbalik unggul. 

Saleh Al Shehri dan Salem Al-Dawsari menjadi mimpi buruk Tim Tango dalam laga ini. Hasil mengejutkan ini membuat Argentina harus meraih kemenangan di laga berikutnya jika ingin lolos ke babak gugur.

 

Menjadi tim yang paling diunggulkan ternyata membuat Argentina sedikit terbebani. Meskipun kalah di laga perdana, peluang mereka untuk lolos ke babak gugur masih terbuka. 

Baca Juga: Hidden Gems Balikpapan, Prim's Italian Surganya Makanan Italia

Aswar Riki Photo Community Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya