Comscore Tracker

Kronologi Valentino Rossi Terjangkit COVID-19, Sempat Merasa Demam

Yamaha pastikan The Doctor tidak kontak dengan siapa pun

Samarinda, IDN Times - Yamaha mengonfirmasi bahwa pembalap mereka, Valentino Rossi, positif COVID-19 dan belum melakukan kontak dengan siapa pun saat ini jelang Gran Premio Michelin® de Aragon (GP Aragon).

Monster Energy Yamaha MotoGP dan Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, telah memberikan informasi terbaru tentang hasil positif COVID-19 dari The Doctor.

“Ini adalah berita yang sangat buruk untuk Valentino dan berita yang sangat buruk untuk tim Monster Energy Yamaha MotoGP dan untuk semua penggemar MotoGP di seluruh dunia," kata Lin seperti dilansir situs MotoGP, Jumat (16/10/2020).

Berikut ini kronologi hingga Rossi dinyatakan positif COVID-19.

1. Bermula pada akhir pekan dan tes PCR pertama

Kronologi Valentino Rossi Terjangkit COVID-19, Sempat Merasa DemamPembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi saat terjatuh do MotoGP Prancis. (motogp.com).

Yamaha mengatakan Rossi meninggalkan sirkuit Le Mans dan kembali ke rumahnya di Tavullia, Italia pada Minggu, 11 Oktober 2020.

Selama pulang ke rumah, juara dunia MotoGP sembilan kali ini belum berhubungan dengan siapa pun yang saat ini hadir di GP Aragon termasuk pebalap VR46 Academy, staf VR46, anggota tim Monster Energy Yamaha MotoGP, dll.

Dua hari berselang atau Selasa, 13 Oktober, Rossi menjalani tes PCR yang merupakan kewajiban bagi mereka yang mengunjungi rumah mereka di sela-sela balapan. Hasilnya, tes PCR menyatakan bahwa Rossi negatif COVID-19.

Baca Juga: Jatuh di MotoGP Prancis, Rossi: Kondisi Membuat Saya Sulit

2. Olahraga di rumah dan awal mula tidak enak badan

Kronologi Valentino Rossi Terjangkit COVID-19, Sempat Merasa DemamYamaha Indonesia

Rabu, 14 Oktober, Rossi merasa sangat fit dan berlatih di rumah tanpa ada gejala atau rasa ketidaknyamanan. Namun pada hari Kamis, 15 Oktober, dia bangun di pagi hari dan merasa agak sakit.

Dia mengalami sedikit demam dan segera memanggil dokter serta melakukan dua tes yakni tes PCR cepat dengan hasil negatif dan tes PCR standar, yang hasilnya sampai pada Kamis 15 Oktober, pukul 16.00 waktu setempat, di mana Rossi dinyatakan positif COVID-19.

3. Kesehatan Rossi terus dipantau

Kronologi Valentino Rossi Terjangkit COVID-19, Sempat Merasa Demamgoogle

Kondisi Rossi akan diawasi ketat oleh staf medis di Tavullia dan mempertimbangkan partisipasi Rossi di acara balapan MotoGP mendatang.

Lin berharap, Rossi tidak akan terlalu menderita dalam beberapa hari mendatang dan akan pulih sepenuhnya dalam waktu sesingkat mungkin.

"Itu menjadi pukulan kedua bagi keterlibatan MotoGP kami setelah menghadapi ketidakhadiran pemimpin proyek dan 5 insinyur YMC di balapan Le Mans, setelah satu anggota dinyatakan positif - meski pun untungnya sama sekali tidak menunjukkan gejala," kata Lin.

Lin menambahkan bahwa pihaknya telah memeriksa dengan otoritas kesehatan Italia dan diberi tahu bahwa setiap anggota tim yang melakukan kontak dengan Rossi hingga Senin kemarin tidak termasuk dalam risiko langsung.

"Namun demikian, kami akan lebih memperhatikan mulai sekarang untuk meminimalkan kemungkinan masalah di masa mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Douglas Luiz, Samba Baru yang Dipuji Casemiro Dirindukan Pep Guardiola

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya