[BREAKING] Maverick Vinales Juara di MotoGP Emilia Romagna 2020

Valentino Rossi terjatuh sejak lap pertama

Jakarta, IDN Times - Pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, mampu menjadi juara di MotoGP Emilia Romagna 2020 pada Minggu (20/9/2020) malam. Memulai balapan di pole position, pembalap berpaspor Spanyol tersebut mampu tampil konsisten sejak babak kualifikasi dimulai.

Jalannya balapan sudah berlangsung seru sejak lap pertama dimulai. Maverick Vinales (Monster Yamaha) yang memulai balapan di posisi pertama harus tersalip lebih dahulu oleh Jack Miller (Pramac Racing Ducati), walau pada akhirnya Vinales kembali mengambil posisi terdepan.

Beberapa insiden sempat terjadi sebelum lap pertama selesai, di mana Valentino Rossi dan Jack Miller harus keluar lintasan akibat tergelincir saat dalam tikungan. Beruntung, legenda hidup MotoGP itu mampu melanjutkan balapan walau posisinya sudah tercecer.

Duel seru terjadi saat memasuki lap keempat, Francesco Bagnaia (Pramac Racing Ducati) melakukan duel seru dengan Vinales. Pembalap berusia 23 tahun asal Italia itu mampu mengambil alih posisi pertama, sampai balapan memasuki lap ketujuh.

Saat balapan menyisakan 14 lap lagi tak banyak perubahan posisi yang terjadi. Bagnaia dan Vinales masih berada di posisi pertama dan kedua. Sedangkan, Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) membuntuti di belakangnya secara berurutan.

Dua pembalap terdepan mulai meninggalkan peserta lainnya saat balapan berjalan 18 putaran. Bahkan, mereka hampir terpaut empat detik dari Pol Espargaro yang berada di posisi kedua.

Satu lap berselang, Bagnaia yang memimpin balapan harus keluar lintasan. Walau sendirian di depan, dia malah tergelincir di dalam tikungan, sehingga dia tak bisa melanjutkan balapan dan posisinya diambil alih kolega Valentino Rossi yang membuntuti di posisi kedua.

Pertarungan sengit di lima lap terakhir justru terjadi pada perebutan posisi kedua dan ketiga antara Pol Espargaro, Fabio Quartararo, dan Joan Mir. Aksi saling susul terjadi dari lap ke lap. Bahkan, Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang tampil lebih agresif mampu merangsek ke posisi ketiga.

Joan Mir terus menggeber motornya hingga mampu naik ke posisi kedua. Sedangkan Fabio Quartararo juga mampu melesat melewati Espargaro di posisi ketiga.

Hingga berakhirnya balapan, posisi Vinales otomatis tak tersentuh usai meninggalkan jauh pembalap lainnya. Sementara, Joan Mir dan Quartararo berhasil finish di posisi kedua dan ketiga.

Baca Juga: MotoGP Emilia Romagna: Vinales Start Terdepan, Valentino Rossi Ketujuh

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya